Proses Detailing…

Car Detailing… sebuah proses yang perlu determinasi tinggi untuk mencapai sebuah kesempurnaan… Sealant, Nano coating, Polish, Polishing Compound, Rubbing Compound, Carnauba Wax, Synthetic wax, dan kawan-kawan nya… banyak istilah dan berbagai macam produk yang bisa digunakan sebagai sentuhan yang menarik untuk cat mobil kita… Kalo mau nyoba semua produk di pasaran, mungkin kita harus mau menggelontorkan uang puluhan juta rupiah… tapi kalo emang gak mau mubazir, kita harus tau produk apa yang nyaman buat kita untuk mendapatkan hasil yang sesuai selera kita…

Perlu dijelaskan sekali lagi kalo masing-masing jenis produk punya kelebihan dan fungsi nya tersendiri… jadi kalo  kita dah nyaman sama satu produk, udahlah gak usah nyoba-nyoba yang lain lagi… kecuali sudah melakukan berbagai riset dan penelitian di google… percayalah anda hanya akan membuang-buang uang jika anda hanya sembarangan membeli produk…

Hal yang perlu diketahui lagi, masing-masing produk itu sebenernya bisa dikombinasikan asalkan tau bagaimana caranya… Hal itu lah yang membuat serunya “car detailing” ini… banyak orang yang suka A, ada yang suka B, ada yang suka jika A+B, atau ada yang suka A terus ditambah B di lain waktu, dan lain-lain… Jadi intinya, sesuka hati lah dalam berkarya, asalkan tetap jangan merusak cat mobil nya… wkwkwk

Seperti gambar di paling atas postingan ini… Itu merupakan salah satu komposisi lapisan dari sekian banyaknya komposisi lapisan yang bisa digunakan… *eaaa,, bingung lo*

Gw aja sebenernya masih dalam tahap belajar dalam hal ini… tapi gw mencoba menuliskan sesuai apa yang gw ketahui saat ini…

Tanpa panjang lebar lagi *soalnya udah kepanjangan prolognya*, langsung saja berikut ini proses yang paling sederhana yang pernah gw coba… (Mobil: Honda BRV (2016), Warna cat: putih + clear coat)…

  1. Wash
  2. Clay
  3. Repair paint defect
  4. Cleaner wax
  5. Synthetic Wax

Mungkin setelah baca urutan di atas,, bakal ada yang berpendapat…. “Wah salah tuh!! apaan tuh kaya begitu!!??”… Itu terserah pendapat masing-masing… Yang jelas gw punya alasan nya….

Oke, jadi itu adalah urutan yang paling simple, dan paling singkat waktunya dengan hasil yang paling maksimal sesuai kemampuan gw… hahahah… Berikut ini gw jabarkan alasannya…

Nomor 1….. Udah jelas lah ya… JANGAN PERNAH ngotak-ngatik cat mobil lo dalam keadaan kotor… itu sama aja vandalisme… hahaha… oh iya, untuk masalah mencuci ini sebaiknya dilakukan sendiri… kenapa?? karena tempat cuci di Indonesia jarang yang bener… tapi klo kalian ketemu tempat cuci mobil yang bener perlakuannya terhadap mobil (terutama di Depok), boleh lah di share lokasi nya di kolom komentar dibawah…haha

Jadi intinya tempat cuci mobil itu kan biasanya pake alat yang sama ke semua mobil… ntah dy nyuci alatnya bener atau nggak,, kita nggak tau… ntah dy pake shampoo mobil bagus atau pake sabun cuci piring, kita juga nggak tau… mungkin ada yang berpendapat, “kebangetan banget sih pake sabun cuci piring??”… Percaya atau nggak, sabun cuci piring itu klo dipake buat cuci mobil, wuuuiiiihhhh… hasilnya mantap bro!! karena dy sifatnya mengikis… bahkan kalo mau ngelunturin wax, kita juga bisa kok nyuci mobil pake sabun cuci piring,, karena lapisan wax itu pasti akan hilang… tapi klo dipake terus-terusan ya wassalam…

Gw kalo mau nyuci di tempat pencucian mobil,, biasanya gw lakukan 3 bulan sekali… itu juga karena gw ngejar hidrolik nya.. dan gw juga emang selalu maintenance detailing cat mobil gw tiap 3 bulan sekali… ntah itu ngilangin goresan atau sekedar menambah lapisan wax/sealant… jadi klo memang gw rasa kurang lapisan,, sepulang dari tempat cuci mobil, bakal gw lapis lagi….

Nomor 2….. Proses yang cukup melelahkan… apalagi klo dilakukan full-body dan mobil lo termasuk mobil yang ukuran besar… siap-siap pegel tangan lo…. Meski begitu, proses yang satu ini sebenernya sunnah hukumnya… Jadi begini ceritanya,, claying itu sebuah proses untuk menghilangkan kontaminan yang berada di atas lapisan clear coat cat… Maksudnya??? Berikut ini gambarnya…..

ClayChart

Nah itu dy fungsi claybar,,, menghilangkan kotoran yang belum sempat menembus lapisan clear coat… Tentunya kalian ngerasa klo setelah cuci mobil, maka mobil kalian terasa bersih bukan??? hahaha… itu hanya perasaan kalian saja… apa yang diliat dari luar itu hanyalah kamuflase… don jaj e buk from its koper… wkwkwk…

Coba gunakan telapak tangan kalian yang bersih untuk mengelus cat mobil kalian setelah dicuci… ayo coba aja dulu di elus-elus… pasti bakal berasa kasar… aneh kan?? atau ada yang berpendapat,, “ah biasa aja… emang begini”… well… it’s up to you…

Tapi boleh percaya atau enggak, itu karena cat kalian belum bersih… mobil memang bersih, tapi tidak seluruhnya… rasa kasar yang telapak tangan kalian rasakan itu adalah kontaminan yang tak kasat mata… *hantu donk*…

Nah terus bagaimana cara “menghaluskan” nya… CLAYING dengan menggunakan CLAY BAR + lubricant…!!! Lubricant disini bisa pake spray detailer (klo banyak duit), atau campuran air:shampoo cuci mobil (2:1)… yang penting cairan itu haruslah licin, biar gak lengket clay bar nya di cat mobil lo…. bisa berabe nanti…

Setelah kalian melakukan claying, coba elus lagi cat nya dengan tangan kalian.. halus seperti kaca bukan??? ya jelas lah.. karena kalian berhasil mengangkat kotoran tadi dengan clay bar… selamat… yeeeaaayyy!!

Kalo gw sih sebagai daily driver, melakukan clay bar minimal tiap 6 bulan sekali… lebih sering atau lebih jarang juga gak apa-apa, asal bener aja caranya.. jangan pake amplas yang lo beli di toko bangunan… wkwkwk… dan perlu diingat kalo proses claying ini mungkin akan menghilangkan lapisan wax yang ada… jadi harus siap bikin lapisan baru lagi di daerah tempat lo melakukan claying…

Nomor 3….. Repair paint defect… maksud gw disini adalah membenarkan cat yang cacat… misalkan ada swirl marks, scratch, water spot, marring, dan lain-lain… bagaimana cara menghilangkan mereka?? disini juga termasuk dalam salah satu seni memoles mobil…

Banyak jenis compound di luar sana dengan merk yang beragam, dengan harga dan jenis yang beragam pula…. secara garis besar sih sejatinya tuh ada 2 jenis compound… Polishing Compound dan Rubbing Compound… apa bedanya??

Polishing compound = digunakan untuk menghilangkan baret yang halus/ringan
Rubbing compound = digunakan untuk menghilangkan baret yang kasar/berat

Trus harus pilih yang mana??? itulah seni nya… mungkin banyak yang berpikir,, “beli aja rubbing compound, bisa buat semua jenis baret”… well… gak semudah itu… hal yang perlu diingat untuk menjaga cat tetap dalam kondisi prima adalah…. Gunakan compound dari level terendah terlebih dahulu…

Yaaak!! Gunakan polishing compound terlebih dahulu… lalu bagaimana jika baret tidak hilang juga?? baru keluarkan rubbing compound nya…. “ribet donk ya??”… emang begitu… pertanyaan sekarang, “kenapa lo gak boleh langsung pake rubbing compound??”… karena rubbing compound itu abrasive sekali… bener-bener ngikis cat mobil biar rata sehingga goresan hilang… mungkin ada yang berpendapat “merk ANU bilang kalo produknya aman kok buat clear coat”… ya itu mungkin bisa saja… tetapi alangkah amannya mulai lah dari yang ringan dulu… karena secara umum, rubbing compound itu langkah terakhir dalam menghilangkan goresan…

Bagaimana klo misalnya cat cat mobil lo gak ada cacatnya?? Ya di silahkan di skip aja langkah proses ini… lanjut ke langkah selanjutnya, disitulah letak seni nya… wkwkwk

Nomor 4….. Cleaner wax… buat apa ini ditarok di urutan keempat?? mungkin disini bakal timbul pro dan kontra… ini juga gak wajib hukumnya, tapi gw tentunya punya alasan tersendiri…

Pertama, mobil yang gw pake itu warna nya putih… sebuah cleaner akan tampak berguna untuk cat warna terang… kenapa?? karena membuat warna terang semakin terang… karena lapisan clear coat yang kusam, bisa dibersihkan oleh cleaner wax ini…

Kedua, cleaner wax juga mengandung zat polish walau cuma sedikit, jadi cukup untuk “merapikan” proses di langkah ke 3 sekaligus memberikan proteksi wax… Ketiga, produk yang kebetulan gw pake adalah cleaner wax dengan campuran carnauba.. Jadi dapet juga sedikit efek “deep-rich colour” nya zat carnauba, walau mungkin cuma sugesti… wkwkwk… begitulah alasan gw…

Lalu bagaimana dengan cat warna hitam atau gelap?? tentu gw gak melarang… tapi alangkah baiknya,, mengganti langkah ini dengan polishing… BUKAN polishing compound loh ya!! Bedakan antara “polishing” dan “polishing compound“… polishing  disini adalah mengkilapkan… jadi ada produk untuk polishing sendiri… di produk polishing ini dy ada juga ada zat cleaner nya, bisa menghilangkan sedikit goresan halus tapi lebih banyak mengandung “polish oil” nya… minyak polish ini nantinya akan menambah kedalaman warna gelap cat mobil anda… intinya “darkest black” lah…

Tetapi harap diingat kalo “polish” tidak memiliki zat wax/proteksi seperti pada cleaner wax…

Lalu apakah boleh pake produk polish untuk cat warna putih atau terang?? boleh-boleh aja… silahkan… tergantung selera masing-masing… tapi kalo gw lebih prefer cleaner wax untuk cat terang… tapi harus diingat, kalo bisa jangan sering-sering pake cleaner wax… karena sifat cleaner nya itu bisa aja menipiskan clear coat… jadi klo cat dirasa kusam aja, baru pake cleaner wax…

Lalu apakah boleh saya pakai 2-2nya?? boleh-boleh aja… walau agak aneh dan sia-sia soalnya udah ada wax nya, malah di polish lagi… kalo mau pake 2-2nya tentunya dengan urutan cleaner wax dulu, baru pake “polish“… karena kalo dilakukan kebalik, maka cleaner wax kemungkinan akan menghilangkan si zat “polish oil“… percuma aja lo gosok-gosok “polish“… wkwkwk

Cleaner wax juga sebaiknya jangan dipakai di atas lapisan wax jenis apapun… karena dy akan mengangkat lapisan wax itu dan menggantinya dengan wax miliknya…

Nomor 5….. Synthetic Wax atau Sealant… Mungkin banyak yang bingung apakah bedanya dari kedua benda tersebut… memang banyak kontroversi yang beredar,, tergantung elo mau ikut literatur yang mana… tapi sepemahaman gw, yang zat wax nya berasal dari zat kimia itu gw sebut sealant… jadi kan banyak tuh wax yang ditulis di kemasannya,, “Synthetic Wax”, “Polymer Wax”, “Silicone Wax” dan lain-lain… nah kalo ada yang tulisan kaya gitu, gw masukin kategori synthetic wax/sealant… tapi itu paham gw loh ya… terserah lo kalo mau menganut paham yang lain…

Oke… lapisan ini adalah lapisan terakhir yang gw pake… pemakaiannya cukup tipis aja… seeeeetipis mungkin… kenapa??? Karena mahal!! wkwkwk… Benda ini kemungkinan adalah lapisan termahal yang kalian punya dari semua benda yang dipake dalam proses detailing (kecuali alat polisher)..

Selain mahal,, pada dasarnya pengaplikasian wax jenis ini akan lebih mudah dihilangkan residunya jika kita mengaplikasikan nya tipis-tipis.. tapi tergantung merk nya juga sih… ada harga, ada rupa lah…

Produk untuk kategori ini juga banyak macamnya… pilihlah sesuai selera… jangan lupa, baca-baca atau liat review nya dulu di google atau youtube…

Terus kenapa setelah pengaplikasian cleaner wax perlu ditambah langkah ini lagi?? Ini terserah elo… kalo lo berhenti sampai pada tahap cleaner wax juga gak apa… tapi harap diingat si cleaner wax ini tidak lah tahan lama… akan cepat luntur lapisannya… oleh sebab itu kita butuh sesuatu untuk lebih mengunci keindahan cat yang sudah kita proses tadi…

Dan untuk lo yang lebih memilih “polish” dibanding cleaner wax,, langkah terakhir ini fardhu ain hukumnya… karena seperti sudah dijelaskan diatas, “polish” tidak memiliki lapisan wax.. dy hanya mengkilapkan sekaligus sedikit menghaluskan cat… jadi harus ada lapisan pengunci kilapnya si “polish” ini…

Apa boleh diatas lapisan wax/sealant ini dilapis lagi?? tentu saja boleh… tentunya dengan produk yang tidak mengikis dan bersahabat dengan lapisan terakhir… biasanya orang ada yang melapisinya dengan carnauba wax biar lebih dapet efek zat carnauba nya…

Untuk proses dari nomor 1 sampe nomor 5 tadi membutuhkan waktu yang cukup lama… kalo full-body, mungkin bisa makan waktu 8-10 jam… tapi klo pengaplikasiannya dengan mesin polisher, tentu lebih singkat… terserah lo aja sih.. kalo bisa beli mesin polisher, ya silahkan aja… tapi klo gw mah mending uangnya buat beli benda-benda yang lainnya… sekalian olahraga tangan aja klo menurut gw sih… wkwkwk..

Daaaannn cukup sekian ilmu yang paling sederhana dan bisa gw sajikan secara ringkas buat lo semua…. masih banyak lagi ilmu dalam detailing yang mungkin lo perlu tau… semoga tulisan ini bisa memicu rasa keingintahuan lo kalo lo emang niat dalam merawat cat mobil lo…

Intinya teruslah berkreasi dalam hal detailing… gunakan google untuk mengetahui keuntungan dan kelebihan penggunaan produk tertentu… dan lihat hasilnya, apakah sesuai selera kita atau nggak….

Sampai jumpa di postingan selanjutnya….

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s