Cuci-cuci saat musim hujan….

Soo…. musim hujan = kerja keras buat para pengguna mobil yang ingin tetap menjaga cat mobil nya dalam kondisi halus tak ternodai…. inilah kenapa gw gak terlalu suka dengan hujan yang turun setiap hari… selain membuat galau,, hal ini juga bikin capek nyuci mobil lebih sering dari biasanya… cukuplah hujan turun seminggu sekali atau hujan nya setiap malam hari aja, biar enak tidurnya dan mobil sudah aman karena berada dalam garasi… hahaha…

Yaaakk… postingan ini dibuat berhubung lagi musim hujan dan kontur jalan ke kontrakan gw yang baru tuh tipe nya semi off-road… wkwkwk… berdasarkan apa yang gw alami dan tidak berafiliasi dengan produk apapun… cara-cara dibawah ini bisa dikerjakan sendiri dengan alat yang bisa ditemukan dengan mudah…

Cuci mobil yang bersih…

Ada beberapa trik disini.. walau terlihat simple dan sepele….

  • Usahakan semprotan yang agak kenceng, tapi jangan terlalu keras juga… kasian cat nya… rasain dulu pake tangan,, klo tangan menjadi sakit kena semprotan airnya,, berarti itu terlalu kencang airnya… semprotan air yang “cukup kencang” membantu kita saat proses pencucian dengan tangan nanti… jadi partikel debu dan kotoran bener-bener rontok pas proses penyemprotan,, so..gak butuh tenaga ekstra buat proses menggosoknya dengan shampoo mobil… dan meminimalisir terjadi goresan…
  • Biasakan juga pas mencuci pake metode “2 ember” atau istilah keren nya “2 buckets”.. jadi satu ember buat campuran shampoo+air bersih yang kita gunakan untuk mencuci,, yang satu embernya lagi isinya air biasa untuk bilas sponge atau wash mitt yang kita gunakan.. soalnya setelah sponge atau wash mitt kita pakai, itu akan membawa kotoran,, jadi mesti kita bilas dulu di ember yang isi air biasa tadi…. baru deh celupin lagi ke ember yang isinya shampoo+air bersih dan lanjut mencuci bagian selanjutnya…. soalnya klo kita campur pake 1 ember aja, maka kotoran tadi akan terbawa lagi ke alat tersebut,, trus pas kita pake buat nyuci lagi, malah bisa nge-gores cat nya… dan usahakan bedakan ember buat cuci body dan cuci ban…
  • Hal yang sering terlupa kan saat proses cuci mobil adalah bagian bawah pintu dan kolong ban… padahal itu juga tempat bersarangnya kotoran… so.. ingat selalu bagian ini ketika mencuci… gunakan semprotan yang agak lebih kencang daripada kekuatan semprotan untuk ke body,, soalnya itu bagian yang paling kotor…Usahakan menyemprot bagian kolong ban dulu… soalnya biar cipratan airnya, gak mengenai bagian yang bersih.. kan sayang klo body dah bersih kena cipratan air dari kolong ban yang notabene kotor… tapi ini sih preferensi aja…
  • Jangan terlalu banyak campuran sabun ke air yang kita gunakan untuk mencuci… biasanya nih ya walaupun di sabun cuci mobil itu ditulis “PH Balanced” tapi tetep aja biasanya sulit untuk mengejar target PH netral.. jadi untuk yang menggunakan lapisan wax,, harap diperhatikan biar wax nya lebih awet dan tangannya gak pegel nge-wax mulu… atau kalo perlu, silahkan cari shampoo mobil yang bertuliskan “wash and wax”, biasanya lebih bersahabat terhadap cat mobil walau harga sedikit mahal…
  • Yang terpenting dari semua itu adalah jangan biarkan air mengering di mobil anda saat proses pencucian… itu bakal nambah kerjaan… wkwkwk… nyisain water spot dimana-mana… makanya selalu cuci mobil dalam keadaan tidak terkena sinar matahari lansgung dan saat body mobil tidak panas… usahakan jaga mobil dalam keadaan basah ketika mencuci… klo gw sih ngatasin nya, dengan nyuci per bagian… lalu gw siram seluruh body.. biar bagian yang lainnya tetep basah.. memang repot dan boros air, tapi gw rasa itu paling aman dengan iklim tropis… wkwkwk…
  • Mulai menggosok body dari atas ke bawah,, karena bagian paling atas mobil adalah bagian yang paling bersih… ambil patokan garis khayal yang membagi mobil jadi atas dan bawah…. selesaikan dulu bagian atas semuanya, baru lanjut bagian bawah… Klo bisa bedakan alat sponge atau wash mitt untuk bagian atas dan bawah…
  • Setelah kelar proses pencucian,, pada saat pengeringan usahakan keringkan secepat mungkin… mulai dari atap ke kaca itu paling penting… soalnya paling rawan water spot klo kelamaan airnya dibiarkan…
  • Jangan lupa velg ban juga dikeringin,, memang ini jarang diperhatikan orang,, tapi klo air mengering disitu,, juga pasti bakal timbul water spot…

Proses tambahan…. (proses dibawah ini gak wajib)

Oke ini bagian yang jadi pamungkas dari semuanya… Karena setelah bebas dari partikel kotoran dan debu yang mengganggu, sekarang saatnya proses yang memakan banyak waktu jika water spot nya merajalela di cat…

  • Hal yang paling mudah adalah dengan menggunakan clay bar dan lubricant… kalo yang mau agak boros dana,, bisa menggunakan spray detailer sebagai lubricant… hehe.. untuk yang mau menghemat dana,, gunakan campuran air shampoo mobil+air… takaran nya berbeda-beda sih… tergantung preferensi masing-masing dan sabun nya itu sendiri… yang penting dapet efek licin nya…
  • Mulai lah gosok dengan clay bar berkali-kali untuk water spot yang susah hilang nya… jangan terlalu diteken biar gak boros tenaga… hehe.. pastikan semprot lubricant yang cukup biar clay bar nya gak keset dan malah merusak cat…
  • Setelah itu lap dengan microfiber… cek hasilnya apakah permukaan cat mobil sudah halus seperti permukaan kaca, ulangi jika perlu…
  • Klo mau tambah mantep lagi sih sekalian aja dipakein wax biar ada lapisan pelindungnya…

Untuk kaca mobil….

  • Jangan ragu untuk menggunakan clay bar juga seperti cara diatas.. dan setelah di clay bar,, coba gunakan glass scrub biar lebih dapet efek bersih… trus lapisin lagi pake water reppelent khusus kaca… atau pake spray wax sedikit juga bisa…

Tips….

  • Jangan terlalu lama membiarkan mobil yang sudah terkena hujan… paling lama yaaa 2 hari setelah terkena hujan,, segera cuci…!! Karena jika air hujan tersebut kering di cat dan terkena paparan sinar matahari langsung,, maka langsung timbul water spot yang bikin jelek cat mobil kita…
  • Lebih baik ngotorin daripada dikotorin… wkwkwk… kesel banget gw ama pengendara yang ngasal aja bawa kendaraannya… pas ada kubangan air, bukannya pelan-pelan, malah dibawa kenceng… kan airnya jadi nyiprat ke body mobil gw… makanya daripada itu,, gw mah sekarang hajar aja tuh klo ada kubangan… bodo amat dengan kendaraan lain mau motor ataupun mobil… tapi perhatikan orang lain yang jalan kaki di trotoar juga.. kasian klo dy kebagian “siraman air” dari kita… wkwkwk… juga perlu diwaspadai efek “Aquaplaning”… klo masih pengendara pemula,, lebih baik hati-hati…
  • Sama seperti hal nya sebuah hubungan… lebih baik menjaga hubungan, daripada memperbaiki hubungan…..*wkwkwk… ujung-ujungnya baper*

Sekian postingan ini daripada makin baper gw nya…. wkwkwk… semoga berguna….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s