A little thing called “detailing”…

smart-shield-technology

Kali ini gw mau nge-review produk-produk yang udah gw pake buat iseng-iseng bikin kinclong mobil… pesan sponsor soalnya disuruh ngejaga dan ngerawat mobilnya… kalo gak dijaga, ntar di cerewetin klo pas ada inspeksi mendadak….. apalagi ada yang bilang anggap mobil itu seperti pacar kedua… nah buat gw, berarti ini pacar pertama… wkwkwk…

well.. untuk detailing, produk yang gw pake adalah produk yang gw anggap masih cukup pas di kantong anak kuliahan… wkwkwk… pokoknya gw gak mau lebih besar pasak daripada tiang… mobil kinclong tapi klo perut kosong kan apes namanya… haha..

Mobil aja aku rawat,, apalagi kamu…. ~~~ #abaikan

Langsung aja ini review nya… daripada makin nyampah lagi gw di postingan ini… hahah

  • Turtle Wax ICE – Synthetic Paste Polish Wax

Produk ini harganya sekitar 200-an.. tapi penggunaan nya irit banget.. jadi bisa dipake bertahun-tahun kayanya… wkwkwk.. dan daya tahan nya juga seperti bahan paste kebanyakan,, lebih tahan lama dibanding bahan liquid dan spray… so… menurut gw sebanding lah sama harga… emang mungkin kualitas gak sebaik produk diatasnya yang lebih mahal,, tapi sekali lagi ini gw rasa pas di kantong gw… hahaha…

Pemakaiannya juga cukup mudah… cukup tunggu 3-5 menit,, lalu lap dengan microfiber… dan untuk penggunaan nya cukup tipis-tipis aja… karena paste biasanya susah buat di buff kalo ketebelan… jadi mending tipis-tipis, tapi klo dirasa kurang, diulang aja jadi dilapis 2 kali…

Kalo dipake buat ke overfender, kayanya agak menimbulkan sedikit keputihan,, jadi usahakan jangan kena ke plastic trim… tapi mudah buat dihilangkan sih klo tipis… tapi gw gak mau ambil risiko… hehehe…

Gw jg agak ragu apakah ini sekedar wax atau juga sekalian polish… karena tulisannya Paste Polish Wax… ntah lah… banyak perdebatan di forum-forum otomotif soalnya… tapi yang jelas produk ini gak menghilangkan baret…. dan produk ini tuh sebenernya adalah stock lama,, karena produk yang keluaran terbaru sudah dihapus tulisan polish nya… menjadi Turtle Wax ICE – Paste Wax… jadi mungkin formula polish nya sudah dihilangkan…

  • Turtle Wax ICE – Spray Wax

Produk ini harganya sekitar 150-an… Gw pake produk ini cuma buat nge-wax secara cepet aja sih… misal abis nyuci mobil,, trus gw rasa ada bagian yang gw rasa kurang water bead nya, gw semprot ini buat ngasih lapisan wax nya… overall,, gw sih gak recommend produk ini klo emang gak butuh-butuh banget… soalnya paste aja udah cukup gw rasa… tapi untuk kepraktisan,, produk ini bisa dicoba.. walau kualitas ya so-so lah…

Daya tahan juga gak terlalu bagus… karena ya namanya juga spray wax… kena cuci juga langsung memudar… buat ngewax overfender, trim, plastic, gw rasa bisa pake ini… soalnya gak meninggalkan residu karena water-based…

Sebagai catatan, kalo bisa jangan pake produk ini buat windshield/kaca depan.. syit lah berkabut kalo aktifin wiper pas hujan… wkwk… jadi kalo mau di aplikasikan ke kaca, lebih baik kaca samping atau belakang… tentunya dengan microfiber yang bersih supaya gak ngegores kaca…

  • Turtle Wax ICE – Spray Detailer

Produk ini harganya juga mirip dengan Turtle Wax ICE – Spray Wax sekitar 150-an… Banyak yang bingung sebenernya bedanya spray detailer sama spray wax tuh gimana sih… jujur gw juga masih bingung… tapi selama ini sih gw pake spray detailer buat ngebersihin debu tipis kalo misalnya kotor tapi belum saatnya dicuci… terutama di kaca depan biar tetep terang pandangan gw pas nyetir… soalnya gw klo nyuci 1-2 minggu sekali…

Produk ini juga bisa dikombinasikan dengan Turtle Wax – Professional Clay Bar… buat ngilangin kontaminan yang masih lengket di cat walau sudah dicuci dengan benar… jadi semacam lubricant… Produk ini juga bisa dipake buat memudahkan menghilangkan excessive wax pada penggunaan paste wax.. Produk ini juga bisa dipake buat ngebersihin kotoran burung yang nempel di body… jadi biar afdol ngebersihin nya,, gw semprot ini dulu, trus tunggu sebentar,, baru deh gw lap… lebih enak ntar jadinya… langsung keangkat tuh tokai burung… hehe…

  • Turle Wax – Professional Clay Bar

Produk ini harganya mirip-mirip Turtle Wax ICE – Spray Detailer sekitar 150-an… fungsinya ya itu buat ngangkat kontaminan yang masih nempel di cat setelah di cuci.. penggunaannya harus dibarengi dengan lubricant.. karena ini lengket di cat, malah ntar bisa nempel di cat… untuk keampuhan nya dalam mengangkat kontaminan sih gw rasa cukup lah walau gak bagus-bagus amat… menurut gw malah memberikan rasa aman karena itu berarti produk ini gak mengikis terlalu dalam lapisan cat…

Untuk lubricant nya sendiri bisa pake spray detailer, atau pake shampoo mobil yang dicampur dengan air buat ngirit penggunaan spray detailer.. jadi kalo gw sih pake shampoo mobil setengah tutup botol, campur air 500ml di dalam botol spray… jadi ntar tinggal langsung spray aja pemakaiannya… yang penting dijaga clay nya tuh tetep basah dan licin, biar gak nempel di cat… kalo dah nempel malah repot lagi ntar… wkwkwk..

Kenapa sih mesti di clay?? well… biar permukaan halus sih sebenernya… jadi lebih enak pas mau nge-wax, katanya sih lebih nempel wax nya nantinya… jadi urutan nya tuh cuci-clay bar-polish-wax… walau mobil terlihat bersih,, sebenernya terkadang masih ada yang nempel kotoran di cat… nah itu lah gunanya clay bar ini…

Untuk pertama kali pemakaian,, jujur buat gw tuh ini memakan waktu yang paling lama dibanding semua proses… karena full-body sih nge-clay nya… tapi buat yang gak mau nge-clay full-body ya gak apa-apa… terserah aja sih.. hehe..

Sedangkan untuk maintenance, cukup nge-clay yang ada kotoran membandel aja setelah cuci mobil.. gak harus full-body lagi.. jadi lebih singkat dan simple.. jangan lupa setelah clay, usahakan dilapis wax… biar ada lapisan protektif lagi setelah di clay…

  • Turtle Wax – Bug and Tar Remover

Produk ini harganya sekitar 80-an… cukup handy buat ngilangin noda bekas hit-and-run serangga dan aspal… tapi jangan berharap banyak juga dengan produk ini… karena untuk noda yang udah kering lama dan membandel,, produk ini gak bisa terlalu bersih, hanya mengaburkan saja… ada produk yang lebih mahal dan bagus dari ini buat noda yang sudah membandel…

Jangan lupa untuk mengaplikasikan wax setelah pemaikaian ini… biar lebih protektif dan lebih mudah dibersihkan apabila ada noda lagi di lain waktu…

  •  KIT Wash and Glow

Produk yang sudah tidak asing dan paling mudah didapatkan di seluruh penjuru Indonesia… wkwkwk… Gw pake ini buat cuci mobil… kenapa gw gak pake yang versi KIT Wash and Wax?? Gw takut berantem ntar antara wax dari KIT dan wax dari TurtleWax yang gw aplikasikan ke cat mobil… wkwkwk….

Rumor nya sih Wash and Wax tuh lebih keras dibanding Wash and Glow.. nah gw jadi malah takut ngikis wax yang sudah ada… kan jadi percuma aja gw nge-wax…. tapi itu cuma rumor sih… hehe… mungkin ada yang sudah pake dan tidak menemukan kendala berarti, ya silahkan aja…. untuk produk Wash and Glow secara overall sih yaaaa biasa aja kualitas nya… tapi lebih baik dibanding pake sabun cuci piring…. wkwkwk

  • KIT Protectant Interior

Produk ini gw pake buat pelapis interior… sebenernya gw galau buat interior mau gw lapis apa… soalnya TurtleWax juga ada produk buat interior… tapi berhubung produk KIT ini mudah didapatkan dan ringan di kantong,, ya gw coba… sampai sekarang sih gak ada masalah dengan produk ini… dan sebagai catatan, untuk produk ini ada 3 macam.. Low Gloss, Natural Gloss, High Gloss… Gw sih pake yang natural gloss…

Sejauh ini keluhan dengan produk ini adalah licin… yaak!! jangan pernah pake produk ini di steering wheel, pedal, atau tuas persneling… bahaya bro gara-gara licin… pemakaiannya juga dikit-dikit aja… takut malah berminyak… soalnya ini produk rada glossy gitu…. ntah lah bagaimana dengan yang versi low-gloss… belum gw coba…

Gw juga pake produk ini buat ngelapisin overfender kalo tiap abis nyuci mobil… jadi menurut gw sih bisa sebagai trim restorer juga ini produk…

  • KIT Auto Glass Cleaner

Produk yang mudah didapatkan juga dan ringan di kantong… Gw pake produk ini klo misal ada tokai burung di kaca… jadi gw semprot, diemin bentar, gw lap… lumayan lah… dan gw juga pake ini buat ngebersihin kaca sehari-hari… jadi 2 hari sekali tuh gw pasti ngelap kaca bagian dalam dan luar… nah produk ini cukup handy lah gw bilang… tapi jangan berharap lebih pada produk ini.. karena ya biasa aja sih… ada rupa ada harga lah….

  • KIT Black Magic Tire Foam

Lagi-lagi produk KIT yang mudah didapatkan… wkwkwk… Gw pake buat ngelapisin dinding pinggiran ban setiap abis cuci mobil… memberikan kilau yang cukup sih gw bilang… tapi penggunaanya agak kurang presisi.. lebih presisi yang dioles pake kuas gw bilang…. tapi berhubung gw butuh praktis,, ya gw pilih yang cepet… gak usah melukis dengan kuas di ban… hahah

Dalam hal kepraktisan, produk ini cukup baik lah… karena bisa langsung semprot dan gak perlu dibilas… abis di semprot, tinggalin aja.. sekitar 5 menit-an nanti foam nya akan hilang dan mulai tampak hitam berkilau… tapi gw masih ragu apakah bisa dipake di velg untuk produk ini… gw sih selama ini gak pernah mengaplikasikan nya di velg… takut kenapa-kenapa… wkwkwk…

  • KIT Multi Purpose Super Cleaner

Another KIT product… because KIT everywhere… wkwkwk… Produk ini gw pake buat bersihin ruang mesin sama bersihin karpet karet mobil… pemakaian nya agak repot emang soalnya mesti pake metode pengenceran dulu kalo mau main aman dan noda yang ingin dihilangkan cukup ringan dan tidak membandel… ada petunjuk lengkapnya dibalik kemasan.. Ini merupakan salah satu produk KIT yang paling gw suka… soalnya bau cairan nya tuh bau orange/jeruk… wkwkwk..

  • KIT Gold Series Wax (Jetwax)

Produk ini gw pake buat coba-coba doank sih,, dan kebetulan sekarang gw jarang pake… tapi tetep gw tulis review nya disini….

Well,, jangan harap banyak dari produk ini,, karena ya ada rupa ada harga lah ya… Gw sih gak masalah sama daya tahan nya yang kurang karena emang gw beli produk ini untuk pemakaian wax seminggu sekali… Tapi yang pasti tuh ada beberapa hal yang gw gak suka dari produk ini…. Pertama, bau nya… Kedua, residu putih pada produk Jetwax (gw saranin kalo mau pake produk ini, pilih yang liquid aja)…

Hal yang paling gw gak suka adalah bau nya… sumpah bau zat kimia banget… bisa mabok gw klo aplikasi produk ini terus-terusan… makanya dah jarang gw pake… Residu putihnya juga gak nahan.. Mungkin KIT harus ngeluarin yang versi spray tanpa residu kali ya.. sumpah ini Jetwax pas disemprot, ada butir-butiran halus berwarna putih yang terbang kian kemari… bikin jelek finishing malah apalagi kalo dipake ke mobil hitam… azzzz… Gw saranin klo mau pake produk ini, pilih yang versi liquid aja yang tanpa bonus butiran putih.. wkwkwk… tapi hati-hati juga dengan baunya… gak enak parah…

  • Unelko Glass Science – Glass Scrub

Produk yang satu ini mungkin produk wajib buat orang yang males ngeringin kaca mobil abis kena hujan… soalnya produk ini cukup baik buat ngilangin waterspot di kaca menurut gw sih… cuma kalo untuk yang waterspot nya membandel,, harus pengaplikasiannya berkali-kali… gw aja aplikasi nya sampe 4 kali pas pertama kali pake produk ini.. soalnya bener-bener kaca mobil tuh gak pernah gw rawat sejak pertama beli… jadi numpuk dah tuh waterspot beranak-pinak… wkwkwk

Di kemasan nya sih ditulis bisa juga buat ngilangin getah pohon, garam, dan noda pada kaca… tapi gw gak tau bagaimana efek nya buat ngilangin yang kaya begitu… yang jelas buat waterspot cukup oke lah… Tips dari gw buat produk ini tuh aplikasi nya setelah dicuci aja kaca nya… biar lebih aman gak ngegores kaca karena ada kotoran yang nempel pas mau digosok…

Trik yang penting untuk pemakaian produk ini tuh,, coba dulu pemakaian normal sesuai petunjuk… kalo masih bandel tuh gak ilang-ilang juga setelah 2 kali aplikasi produk,, maka cobalah menggunakan metode kering… jadi lap kering kaca nya dulu,, terus setelah kering maka gunakan sponge atau microfiber yang sangat-sangat sedikit basah (jangan basah banget pokoknya, basahin dulu terus di peres 1 kali, jadi masih ada air nya dikit),, lalu langsung aja gosok pake produk nya… soalnya efek “cutting” nya lebih motong menurut gw sih daripada dipake dengan kaca dibasahin…

  • Unelko Glass Science – Rain Clear

Mungkin ada yang bingung apa bedanya Glass Scrub dan Rain Clear… sama-sama keluaran Unelko pula… Jadi secara singkatnya tuh Glass Scrub buat ngebersihin, sedangkan Rain Clear itu buat pelapis kaca yang sudah dibersihkan tadi… Jika di analogikan,, Rain Clear ini tuh “wax” khusus buat kaca… fungsinya mencegah water spot, dan noda-noda jadi lebih mudah dibersihkan, trus juga meminimalisir suara wiper (wiper chatter) karena kacanya jadi licin setelah pakai produk ini.. efek water bead nya juga bagus biar air lebih cepat mengalir.. Yang gw pake berupa Rain Clear gel… pemakaiannya agak tricky disini… kenapa tricky?? Klo dipake kebanyakan bakal jadi masalah nanti… bakal jadi burem kacanya… makanya pake nya dikit-dikit aja menggunakan applicator pad dengan cara yang sama dengan waxing cat mobil.. trus jangan lupa bersihkan sisa gel yang kebanyakan tadi dengan microfiber… pemakaiannya gak perlu ditunggu biar kering kaya pake wax,, langsung lap juga bisa…

Sekian review produk-produk yang gw gunakan buat mobil kali ini… masih banyak produk yang lebih baik daripada produk yang gw pake… apalagi kalo yang mementingkan kualitas diatas harga… tentu ada rupa, ada harga…. tapi selama anda mampu,, kenapa tidak?? hehehe….

So…. GET OUT THERE, AND SHINE…..!!

Leave a Reply

