Kualitas PDAM Banyumas YANG SANGAAAT BURUK….

Kali ini gw mau sekedar sharing mengenai hal yang menjadi judul postingan kali ini… Air merupakan suatu kebutuhan wajib kita untuk hidup… Air memang ada di sekitar kita, namun air bersih lah yang kita butuhkan…

Seminggu terakhir ini PDAM Banyumas khususnya untuk yang melayani wilayah Perumahan Bumi Arca Indah mati total… Gw gak tau lagi deh betapa “PROFESSIONAL” nya perusahaan yang satu ini mengatasi gangguan yang ada… BUMD yang satu ini benar-benar “Badan Untuk Mengeruk Duit”…

Buat orang-orang yang suka baca berita, mungkin sudah tak asing dengan track record PDAM Banyumas yang kaya kampret… Ibarat maskapai penerbangan, PDAM Banyumas termasuk daftar maskapai yang tidak boleh terbang ke Eropa…

Mungkin harusnya nama PDAM nya ganti… Jangan PDAM Tirta Satria,, tapi jadi PDAM Bima Satria… mungkin bisa meningkatkan mutu pelayanan…

Singkat cerita,, gw telpon tuh Humas PDAM Banyumas, pada hari yang berbeda dan menggunakan nomor yang berbeda serta identitas yang berbeda… buat nanyain kapan akan mengalir lagi… dan jawabannya adalah jawaban yang sering digunakan oleh sahabat kita ketika mereka ditagih hutang…

“BESOK”….

Wah… bener-bener “bersahabat” sekali jawabannya…

Dahulu kala, ketika gw pertama kali pindah ke Perumahan Bumi Arca Indah sekitar tahun 2011, kualitas air nya cukup bagus… tapi semenjak sekitar 2012, air berubah menjadi keruh, seperti air kapur dan berbuih… Mungkin itulah kriteria air yang bagus dan mahal… Yang jelas kita dikasih bonus “creamy foam” yang cukup unik ketika menggunakan air… kan biasanya klo minuman pake creamy foam tuh mahal harganya…. Hahaha….

Mirisnya lagi,, Perumahan Bumi Arca Indah hanya berjarak beberapa meter dari KANTOR PUSAT PDAM Kabupaten Banyumas… bikin naik darah, turun tai kan jadinya….

Untuk masalah kualitas air memang gw rasa susah untuk ditingkatkan… berhubung komplain berapa kali pun gak pernah didengar dan selalu ada berbagai macam alasan… apalagi klo ada yang beralasan, “memang kualitas air daerah sini jelek mas”… jadi ya sudah lah terima nasib sial…

Tapi untuk masalah ketersediaan air kali ini,, gw rasa ini perlu KOMPLAIN KERAS… karena tarif terus naik, tapi kok bisa-bisanya mati air selama berhari-hari…!!???

Gw masih terima kalo mati air sekitar 1 hari-an… Karena menurut gw itu masih dalam taraf wajar… tapi klo dah mati hingga 2 hari,, itu udah KURANG AJAR… apalagi mati sampe 3 hari, itu minta DIHAJAR!!… dan ini sudah 4 hari lebih… mungkin perlu di bakar kantornya… Klo samping rumah gw tuh air terjun sih gak masalah walaupun air mau mati 1 tahun atau bahkan sampe petinggi PDAM nya mati sekalian…

Hidup di tengah kota, berdekatan dengan kantor pusat PDAM +/- 500 meter,, tapi hidup tanpa air berhari-hari… kesel banget kan jadinya… pengen rasanya ngelempar bongkahan berak atau aqua gelas isi air kencing ke depan gedung kantor pusat PDAM itu biar mereka tau gimana bau nya berak dan air kencing yang gak disiram air…

Sudah lebih dari 1 orang yang komplain ke website PDAM Banyumas… Tapi apa yang terjadi?? website gak guna!! Percuma bayar domain website klo gak digunain sebagaimana mestinya… apalagi klo cuma buat ngecek tagihan doank…. lebih baik CLOSE aja itu website… Bahkan gw udah mention twitter petinggi PDAM Banyumas,, tapi apa yang terjadi?? gak ada respon… udah lah tutup aja akun twitter nya atau pensiun dini aja… gak bisa ngatur bawahan… atau paling tidak tuh fast response lah terhadap keluhan pelanggan… masa kalah ama situs belanja online..?? gimana sih agan PDAM?? not recommended seller lah…

Sebagai pelanggan jelas sangat dirugikan dengan kualitas pelayanan yang sangat buruk seperti ini… setiap bulan, kita pelanggan jelas membayar biaya abonemen.. tapi ketika ada masalah, mereka terlihat seperti gak ngerti apa yang mesti dilakuin…

Untuk masalah ketiadaan air selama berhari-hari ini contohnya…

Mereka memang menyediakan solusi dengan pengadaan truk tangki untuk membagikan air bersih kepada warga, tapi truk tangki itu tidak ada jadwal kapan datangnya… Maka sial-lah orang dengan mobilitas tinggi yang tinggal di Perumahan Bumi Arca Indah… Mereka sudah pasti kesulitan air… Karena mereka jarang di rumah dan gak tau kapan truk tangki air bersih nya lewat di depan rumah…

Harusnya PDAM menerapkan jadwal kedatangan tangki air dan mensosialisasikan nya kepada warga sekitar… Biar para warga tau kapan harus menunggu pasokan air bersih… Atau jika penerapan jadwal tidak memungkinkan,, maka harusnya ada truk PDAM yang ngetem di deket pintu masuk Bumi Arca Indah,, biar warga yang membutuhkan air, tau harus kemana mencarinya…

Sebenernya gak peduli bagaimana pun permasalahan nya,, pasti ada solusi… cuma mereka sepertinya memang spesialis membuat masalah tanpa solusi…

Mungkin ini hanya secuil dari kekesalan pelanggan PDAM di Indonesia… Gw tau masih banyak permasalahan aneh bin ajaib lain di seluruh PDAM negeri ini… tapi cobalah bersikap profesional… Pelanggan butuh kejelasan… kejelasan masalahnya apa,, kejelasan tahap pengerjaan sudah sampai mana,, dan kejelasan solusi yang diberikan…

Jangan hanya bersembunyi dibalik 2 kata ajaib… “MUNGKIN BESOK”… apa tidak ada komunikasi antara pekerja lapangan dengan customer service dan sebagai macamnya??? yassalam….

~~~~dan mungkin bila nanti kita akan bertemu lagi……..~~~~ *malah nyanyi*

Sudah saatnya air tidak di monopoli lagi oleh PDAM klo kaya gini ceritanya… harusnya dibikin perusahaan penyedia air bersih lainnya selain PDAM… biar ada persaingan dan menyebabkan perbaikan kualitas agar tak kehilangan pelanggan…

Untuk para petinggi PDAM…. Kehilangan air, bukan hanya masalah kebutuhan MCK yang mempengaruhi aktivitas sehari-hari… tapi coba pikirkan orang-orang yang memiliki usaha dengan kebutuhan air seperti katering dan penjual minuman… Coba pikirkan apa yang anda rasakan jika itu terjadi pada anda… *semoga terjadi*

Tapi dibalik masalah tentu ada pelajaran yang diberikan… Gw jadi bisa ngerti perasaan orang di luar sana yang hidup tanpa ketersediaan air bersih… it sucks!! dan terimakasih PDAM,,, gara-gara hal ini,, gw jadi berasa liburan karena nginep di hotel… gw males nungguin truk tangki pengisi air bersih yang gak jelas kedatangannya…

PDAM… Perusahaan Daerah Air Mati…!!


Update:

Akhirnya petinggi PDAM berkoar-koar juga di akun twitter nya… karena sudah mulai banyak pihak yang meliput… *strategi menyelamatkan nama baik*… Yang lucu adalah kicauan pak Bupati Banyumas yang nyuruh petinggi PDAM untuk membalas kicauan pelanggan… wkwkwk… langsung respon tiba-tiba…

hebat!! applause sama pak Bupati yang berani berkicau “Pak di balas !”… pake tanda pentung brooooo…!!! salut gw… kalo gak digituin, mungkin gak gerak tuh PDAM…

Lalu pihak PDAM pun mulai mengeluarkan berbagai statement yang penting “asal bapak senang”…

Mulai dari statement “perbaikan pompa” pada tanggal 23 Mei 2016… dengan tambahan embel-embel statement “sudah lancar sekarang”… hahaha… padahal kenyataan di lapangan mah berbeda…

Statement selanjutnya tanggal 24 Mei 2016… “debit belum normal, akan ditambah kedalamannya”… ya ya ya… dalemin terus pak… sampai inti bumi klo bisa… biar mantap!!

Statement selanjutnya masih pada tanggal 24 Mei 2016… “sekarang BAI ngalir sebagian, tangki jalan terus. Nanti malam akan disempurnakan”… ntah malam kapan disempurnakan nya?? mungkin Malam Natal??… Toh nyatanya pas tanggal 25 Mei 2016-nya air masih mati… memang bener-bener sempurna matinya… gak nyala-nyala…

Statement itu juga disusul dengan “Nanti malam kedalaman pompa akan ditambah agar lancar semua. Nunggu tidak ada pemakaian”… sampe kapan PAM gak ada yang make??

Berhubung mungkin sudah capek menunggu bawahan pekerja lapangan yang masih gak jelas statusnya,, sehingga keluar statement “diusahakan nanti malam selesai. Sekarang tangki muter terus”… akhirnya mengeluarkan kata diusahakan daripada terkesan ngebohongin… wkwkwk… kan klo pake kata diusahakan terkesan sedang berusaha sebaik-baiknya, walaupun masih abu-abu kapan nyala air nya…

Statement tanggal 25 Mei 2016… “Sedang diupayakan penggantian pompa.”… mungkin karena ngerjain penggalian nya malam hari,,, eh malah nge-gali sarang ular… jadi mungkin pompa nya kemasukan ular… hoaammm…

Intinya mah gw jadi dikasih hiburan ngeliat twitter petinggi PDAM, pak Bupati dan pelanggan… haha…

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Bapak bupati pun akhirnya berkunjung ke salah satu rumah warga Perum BAI… Mulai kalang kabut deh pasti PDAM klo dah sampe atasan nya turun tangan…. tipikal orang Indonesia… Bos bertindak, baru jalan…

Yang lucu ada statement salah satu pelanggan “telpon PDAM katanya sudah selesai dilakukan perbaikan tapi blm ngalir”… lah kok bisa?? udah selesai tapi belum ngalir?? itu namanya belum selesai donk?? lagi-lagi terbukti tidak adanya komunikasi yang baik antar pihak mereka…

Semoga cepet nyala… dan semoga pihak yang lalai yang mengakibatkan masalah ini berlarut-larut mendapat hukuman yang setimpal… amin….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s