R.I.P Pedro.. (2007-2016)

Hari ini 25 Februari 2016… tepatnya pukul 00.40,, anjing kesayangan gw meninggal dunia… tanpa sebab yang jelas… mungkin memang udah pengaruh umur atau sakit atau ntah lah…

Kehidupan gw sebagai mahasiswa kedokteran yang sering melihat orang meninggal di rumah sakit membuat gw bisa berpikir rasional kalo emang semua orang pasti bisa meninggal kapanpun jika sudah sakit atau karena sudah tua..  jadi gak perlu sedih berkepanjangan…

Tapi melihat anjing yang gw sayang meninggal,, gw tetep gak tahan buat nangis walau udah gw akalin dengan gak melihat mayatnya terlalu lama, cuci muka, dan gigit bibir gw sendiri…

Rasanya masih teringat jelas saat-saat gw ngajarin dy naik tangga,, ngajarin dy salaman,, ngajarin dy lompat dari kursi,, ngajarin dy duduk,, nemenin dy pas takut karena petir, gendong-gendong dy,, dan lain-lain… dan sekarang dy udah gak ada lagi…

Pedro adalah anjing pemberian temen bokap gw… kehidupan Pedro sendiri sudah cukup sedih menurut gw… dy dari kecil udah gak dibesarin bareng ibunya.. karena ibunya nyerang orang lain, dan diasingkan dari lingkungannya… berhubung anak anjingnya banyak, maka gw dikasih satu ekor, dan dia lah anjing yang gw namakan Pedro…

Hari pertama dy di rumah,, gw kebetulan lagi main ke warnet “The Patch” dan gak ikutan buat ngambil si Pedro.. Ketika Pedro sampe rumah gw, dy seharian cuma ngumpet di bawah meja, dan keluar dari kolong meja ketika mau pipis doank… dy udah mengerti klo pipis harus di luar rumah… dan saat hari itu, ketika gw pulang dari warnet,, dy memberanikan diri keluar dari kolong dan mulai nyiumin kaki satu per satu dari orang yang ada di rumah… mungkin sebagai wujud perkenalan..

Setelah itu, pas malam harinya berhubung gw gak punya rumah anjing,, gw sekeluarga pun bingung mau nyuruh Pedro tidur dimana… akhirnya di tarok di halaman tengah trus pintu rumah ditutup,, tapi ternyata dy berisik dan malah bikin orang gak bisa tidur… tapi setelah kita membiarkan dy masuk ke rumah, ternyata dy akhirnya bisa tidur di kolong meja yang sama… setelah itu kita berpikiran klo dy tipe anjing penakut…

Dari kecil dy memang anjing penakut.. tidur aja mesti ditemenin, dan selalu gak mau menyendiri…. tiap ada orang rame ngobrol-ngobrol, dy pasti ikutan nimbrung…. cukup aneh memang punya anjing yang seharusnya pemberani, malah ternyata penakut… tapi disitulah letak lucunya anjing ini… ketika dy ditinggal di rumah sendirian, pasti ada aja kenakalannya.. yang paling sering adalah kencing di setiap pojokan rumah… mungkin itu tanda kalo dy kesel ditinggal sendirian… hal itu nyebabin dy terkena larangan masuk ke kamar tidur…

Tiap ada kucing gede, dy cuma berani gonggong dan nakut-nakutin… tapi gak pernah mau nyerang dan malah mundur kalo kucing mulai nyerang… jadi tiap dy berantem ama kucing, gw yang harus turun tangan buat misahinnya.. tapi giliran berantem ama kucing yang ukuran lebih kecil dari dy, serem nya bukan main… malah hampir sempet mati kucingnya kalo gak gw pisahin….

Pedro juga penakut ke sesama anjing… pernah gw ajak kenalan ama anjing tetangga,, dan Pedro malah diem jiper di pojokan sambil bergetar badannya.. padahal anjing tetangga itu sepertinya ngajak main si Pedro.. dan lebih parahnya lagi anjing tetangga itu adalah cewek… masa anjing gw cowok, tapi takut sama anjing cewek… hadehhhh…

Selain takut sama hewan seukurannya,, dy juga takut sama kembang api, terompet tahun baru, petasan dan petir…. dy selalu deketin orang yang ada di deketnya kalo dy mulai takut denger suara-suara itu sambil menggonggong mungkin dengan maksud mengusir si pembuat suara itu…

Kejadian yang lucu ketika Pedro yang masih kecil adalah ketika gigi dy mulai tumbuh jadi gede-gede,, ntah gatel atau gimana,, dy selalu menggigit-gigit sandal jepit yang ada di rumah.. ntah sudah berapa pasang sandal yang habis sama dy, sampe gw sekeluarga gak pernah narok sandal sembarangan di rumah lagi…😀

Walaupun Pedro penakut, Pedro paling gak suka ada hewan lain yang masuk wilayah teritorialnya,, yaitu rumah gw… dan menurut gw, Pedro juga merupakan tipe anjing pembunuh hewan lain ~kecuali kucing~… sudah banyak kecoa, semut, lalat, cicak, tikus, burung, dan kelelawar yang diusir dan dibunuh sama dy… hal yang paling keren adalah ketika dy nangkep kelelawar yang terbang rendah.. dy sambil loncat dan nangkep tuh kelelawar, dan akhirnya moncrot dah tuh darah kelelawar kemana-mana…

Perburuan yang keren lainnya adalah ketika dy memburu tikus,, bisa dibilang Pedro sudah profesional sebagai “mouse hunter”… dy selalu memberi sinyal ketika dy mulai mencium bau tikus… dan orang lain pun langsung ambil sapu atau mindahin barang-barang sekitarnya buat bantu dy dalam perburuan… sekalinya tikus itu dimulut Pedro, gak akan lepas sampe tuh tikus mati… lalu ditinggalin deh sama Pedro… Pernah ada tikus di deket kolam ikan rumah gw,, Pedro pun ikut masuk ke kolam dan berenang demi memotong rute buat ngejar tikus itu… gw sampe kaget,, padahal gw gak pernah ngajarin dy berenang dan gw aja sebagai tuannya gak bisa berenang :D… tapi memang itulah insting seekor binatang…

Pernah dy memburu kodok,, dan sepertinya dy lagi sial… jadi abis memburu kodok, dy langsung terkapar dengan air liur keluar kemana-mana… mungkin dy terkena racun si kodok… dan saat itu, dy langsung nyamperin gw dan tidur di pangkuan gw sekitar 1 jam… sempet bikin khawatir, tapi ternyata dy masih hidup…

Terlepas dari anjing penakut dan pemburu hewan lain…. Pedro juga anjing yang nakal susah diatur… tiap diajak jalan ke luar rumah, dy selalu lari kesana-kemari… gak seperti anjing lainnya yang selalu mengikuti arah jalan tuannya.. makanya Pedro biasanya kita lepas keluar sendiri, karena kita capek ngikutin dy lari kesana-kemari… was-was sih sebenernya ngelepas anjing tanpa pengawasan.. tapi setelah satu-dua hari dicoba, ternyata gak ada masalah apa-apa… cuma beberapa anak kecil aja yang takut sama Pedro karena “liar” nya suka lari-lari gak jelas itu… yang paling ekstrim itu ketika dy nyebrang jalan raya sendirian karena ngeliat pembantu gw turun dari angkot di seberang jalan… bikin orang-orang pada ngerem tiba-tiba… untung gak nyebabin kecelakaan…

Pernah juga ketika kita ngelepasin dy malam-malam pas bulan puasa… dy menghilang gak balik-balik sampe 2 hari… namun akhirnya ditemukan oleh orang penitipan hewan… jadi ceritanya katanya pas itu orang lagi pada balik sholat tarawih dan Pedro seperti biasa takut… kan orang kalo pada bubaran tarawih tuh suka rame berbondong-bondong gitu… Kata orang penitipan hewan itu, si Pedro gak mau dikasih makanan anjing seperti anjing lainnya… dan dy keliatan takut ketika dimasukkin kandang.. gw sih gak kaget… itu anjing emang gak suka makanan anjing, dan gak pernah dikandangin…😀

Pedro paling suka sama yang namanya makanan… mungkin bisa dibilang, dy hidup untuk makan, bahkan untuk sesuatu yang harusnya gak dy makan…

Ketika keluar, Pedro sering bawa “oleh-oleh”,, pernah dy membawa bungkusan plastik berisi tulang ayam… yang sepertinya dikasih oleh tukang jual bubur ayam depan rumah… pernah juga bawa makanan yang udah dibungkus tisu,, ntah dy ngambil dari tempat sampah mana… pernah juga pulang bawa batu.. ntah itu batu keramat atau apa… pokoknya dy bawa-bawa terus batu itu.. sampe dy punya mainan yang lain…😀

Pedro gak suka makanan anjing tuh sejak kecil… ketika dikasih Pedigree, dy selalu nolak.. kecuali Pedigree yang bentukaannya mirip kornet… makanya sejak kecil, dy langsung dikasih makan nasi… dan selalu dikasih makanan yang kita makan.. hal inilah yang nyebabin dy selalu setia menunggu di ruang makan ketika kita sekeluarga sedang makan bersama… karena dy pasti dapat bagian dari kita semua… Selain itu, kalo dy dikasih kue atau makanan kecil yang gak enak, pasti gak dimakan ama dy… giliran dikasih kue Harvest baru deh dimakan… Oh iya, mungkin orang bilang, anjing gak mungkin makan anjing,,, berbeda dengan Pedro… ketika gw kasih daging anjing,, dy makan juga…😀

Yang lucu dari Pedro dalam hal makanan adalah…. ketika dy dikasih makanan, dan dy gak makan,, maka dy akan ngubur makanannya itu di tanah… paling kesel sebenernya klo dy ngelakuin hal ini, karena bikin kaki dan moncongnya dy jadi kotor… jadi nanti bikin lantai kotor kalo dy masuk rumah… dan makanan dy itu juga gak boleh direbut walau dy udah gak suka… makanya suka bikin semut berdatangan karena kelakuannya ngebiarin makanan…

Pedro bisa dibilang juga anjing “penjilat”… tiap ada maunya, dy selalu pasang muka melas dan loncat-loncatin orang itu sampe keinginannya terkabul… jadi dy kalo ada maunya, suka riweh…😀

Saat kecil Pedro juga suka main bola kecil bareng gw… dy selalu ngasih bola ke gw.. minta gw lempar trus dibalikin ke gw lagi sampe dy capek.. trus pernah bolanya gw mainin jadi bola kaki, trus gw dribble di depannya, dan dy ngambek soalnya gak bisa ngerebut bola nya dari gw dan akhirnya kaki gw pun digigit-gigit ama dy… lalu permainan bola itu berubah menjadi mainan kejar-kejaran gw ama Pedro…😀

Saat beranjak dewasa, dy kalo tidur sukanya di kamar tidur… karena pake AC… jadi dy suka milih mau masuk kamar siapa yang nyalain AC… paling sering sih kamar kakak gw,, karena gw sering gak ngasih dy masuk… dy suka bangunin orang soalnya kalo pagi… jadi kan behubung gw sukanya bangun siang, jadi gw gak mau terganggu tidur gw… Makin kesini, Pedro jadi makin sering tidur bareng bokap-nyokap gw… mungkin karena kamar ortu gw lebih gede, jadi lebih banyak spot dy buat tidur.. terlepas dari keinginan dy akan AC karena panasnya Kota Depok, ada kalanya dy kedinginan juga… biasanya dy langsung tidur di sofa kalo ngerasa kedinginan… bikin sofa nya jadi berisi rambut nya dy semua..😀

Terlepas dari semua kelucuan, kekurangan, dan keanehan dy itu,,, Pedro ada fungsinya juga… fungsi yang paling gw suka dari dy yaitu buat ngusir pengamen dan orang yang suka minta sumbangan… jadi tiap ada mereka,, dy yang selalu maju duluan dengan gonggongannya dan membuat mereka pergi… tiap ada orang berhenti depan gerbang pun, digonggongin ama dy sampe pergi…

Karena lucunya Pedro, ada anak kecil yang suka ngeliatin Pedro saat anak tersebut sambil makan disuapin ibunya… dan mereka sering bilang “guguk bogel”,, karena Pedro memang anjing yang pendek…

Pedro juga lucu klo nyambut orang pulang ke rumah… suka bawain keset dari depan ke belakang… ntah apa maksud nya… dan dy paling suka dikasih mainan berupa botol minuman plastik… dy selalu gigit tutup botolnya sampe rusak, baru dy tinggalin… jadi gak usah capek-capek beliin dy mainan anjing…😀

Semua keseruan bersama Pedro harus terhenti tanggal 25 Februari 2016 jam 00.40 malam… dy menghembuskan nafas terakhirnya ketika tidur di kamar bersama gw… mungkin dy sedang sakit… karena 2 hari yang lalu dy muntah trus gak selera makan lagi seperti Pedro yang biasanya… yang hidup hanya untuk makan… malam terakhir itu dy sempet mau makan lagi pas gw kasih daging walau cuma sedikit… dy juga sempet nemenin gw nonton depan tipi,, padahal kemarennya dy cuma tidur terus-terusan…

Selamat jalan Pedro… anjing pertama gw yang nakal dan susah diatur… semoga tenang disana dan jangan bandel lagi… memang hal yang menyedihkan ketika ditinggal seorang teman… apalagi klo teman itu gak pernah mengeluh dan selalu setia sama kita…

R.I.P Pedro…. (2007-2016)…

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s