Review Aerosoft Airbus X Extended v1.31

Yuhuu…. setelah 4 jam ngotak-ngatik ini pesawat,, akhirnya gw mau memberikan sedikit review mengenai pesawat Airbus keluaran Aerosoft ini….

Pada pandangan pertama,, pesawat ini cukup rumit… tapi klo udah biasa megang Airbus seperti gw,, gak akan lama untuk menemukan cara untuk nyalain pesawat ini.. karena pada intinya sama aja…

Kebetulan gw biasa bawa Airbus A330 keluaran Wilco… saat memegang keluaran Aerosoft walau A320,, gw merasa buatan Aerosoft ini cukup lebih detail dibanding Wilco… overall, pada overhead panel, lebih banyak tombol yang aktif… Pada glareshield dan main panel juga lebih detail… dan mudah dalam pengoperasiannya..

Nah untuk penampilannya sendiri lebih baik lah pastinya… dan lebih memakan framerate per second… untuk lampu di cockpitnya,, sudah bisa membuat saya “feeling home”… pas lah.. gak terlalu terang ataupun gelap…

Untuk MCDU, sudah lengkap dan tidak jauh beda pengoperasiannya seperti Airbus keluaran Wilco… akan tetapi, untuk mengimport rute yang sudah dibuat dalam format FSX tidak bisa… jadi Aerosoft membuat sebuah program sendiri berupa route editor, biar kita bikin rute nya melalui program ini, terus nanti di dalam game tinggal kita import lewat MCDU… agak merepotkan menurut gw,, karena gw biasa pake Flight Commander yang tinggal copy paste… mungkin bisa diakalin dengan program Flight Commander, tapi gw belum coba apakah bisa atau nggak nya…

Untuk fitur sendiri, sudah ada RAAS, fuel planner, MCDU kedua di tempat copilot yang berfungsi untuk ground service dan lainnya… Untuk pengendalian di ground, sudah dilengkapi tiller steering.. Dan pesawat ini juga dilengkapi checklist,, terkadang saya kesulitan untuk mengaktifkannya, tapi terkadang bisa juga make nya… mungkin masih perlu banyak baca ebook pdf panduannya… hahaha

Jadi, nanti copilot bisa membacakan checklist untuk kita dan bahkan melakukan beberapa hal kecil yang seharusnya seorang captain tidak usah turun tangan… berasa makin dimanjakan sebenernya… tapi klo menurut gw sih jadi kurang asik… karena dibantuin komputer dalam pengoperasian pesawatnya…

Untuk livery, sudah ada livery manager,,, belum saya coba untuk program ini, karena masih sayang kuota buat donlot livery nya..

Untuk suara, sudah cukup lah gw bilang… dari segi suara mesin, sudah cukup berisik…. haha… bahkan saat kita membuka meja dalam cokpit pun, suaranya cukup terdengar… atau kalo masih kurang puas, bisa di setting melalui MCDU di tempat duduk copilot…

Nah untuk fitur Cold and Dark state, gw bilang ini juga cukup sedikit ngeselin… dimana kita connect ke GPU nya mesti diaktifkan dulu, trus pasang cone dan choke dulu… untuk yang mengejar “as real as possible” mungkin ini cukup menarik… tapi untuk gw yang hanya mengejar main pesawat-pesawatan nya,, gw rasa bikin puyeng… hahaha…

Karena gw biasa pake Wilco, cuma aktifkan parking brake,, tunggu berapa saat, maka external power akan available… tinggal di ON kan deh… haha.. gw suka yang simple dalam kasus GPU….

Untuk masalah pintu juga,, biasa hanya pencet Shift+2, Shift+3, Shift+4, atau Shift+E,,, nah di pesawat keluaran Aerosoft ini mesti dari MCDU tempat duduk copilotnya biar mudah…

Begitu pula dengan pengoperasian kamera nya… kalo di Wilco biasa pake F9, F10, F11 dsb,,,, disini bakal beda semua tombolnya… bahkan diberikan scroll down khusus untuk gonta-ganti camera view sendiri… tapi malah jadi ribet klo menurut gw… jadi klak-klik klak-klik… ditambah lagi ada suara zoom kamera nya pula kalo ganti camera view… jadi sebuah drawback klo buat gw… wkwkwk…

Dan hal yang PERLU DIPERHATIKAN adalah…..

Pesawat ini butuh 2 control… joystick dan rudder… dan sampe sekarang gw masih belum punya rudder control.. jadi mainnya agak aneh klo menurut gw.. hahaha… gw baca-baca di Google sih katanya bisa diakalin dari settingan nya… tapi sampe sekarang hampir semua cara gw coba, masih belum bisa jg… mungkin gw harus nabung 2jt buat beli rudder control kali ya… tapi lebih tepatnya sih nyari tokonya itu yang susah… hahah

Sekian dulu review singkat dari gw…

Kesimpulannya, kalo mau Airbus tipe A319, A320, A321 yang cukup bikin “pusing”,, pesawat keluaran Aerosoft ini bisa dijadikan pertimbangan… nanti kedepannya Aerosoft ini akan dapat pesaing Airbus keluaran Blackbox yang sekarang masih dalam tahap pengembangan… Kita liat mana yang akan lebih baik… Gw juga sebenernya masih nunggu pesawat keluaran Blackbox yang versi A330 versi final nya… hahaha…

Leave a Reply

