Lumia 1020 Photography ~ Landscape ~ Tips and Trick (part. 10)

Ini 2

“Contoh foto di atas dengan Lumia 1020, gw ambil dengan “rule of thirds”, dimana horizon gw letakkan di garis horizontal bagian atas (1/3 atas)… dan matahari gw jadiin sebagai titik objek nya.. Gw mengambil foto di atas dengan pilihan format DNG file 16:9 aspect ratio..”

Hmm…. ada yang bertanya “cara foto pemandangan landscape di Lumia??”… Sebenernya jawabannya cukup mudah… putar hape menjadi memanjang dari kiri ke kanan ketika mau ambil foto… selesai!! *postingan gak mutu*… hahaha

Supaya ini postingan jadi bermutu, akan gw coba menambahkan wacana sedikit…😀

Untuk ngambil foto landscape dengan Lumia (kalo gw pake Lumia 1020), sebenernya mudah seperti yang udah gw jelasin di atas… wkwkwk.. beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika mau ngambil foto landscape dengan Lumia…

  • DNG atau JPEG??

Untuk beberapa tipe Lumia “tinggi-akhir” (baca: high-end), tersedia pilihan DNG atau JPEG… pilih yang sesuai dengan hati nurani anda…. kedua jenis file tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing… Yang paling gw rasakan secara langsung mengenai 2 jenis file ini:

DNG: ukuran file besar (sekitar 50Mb), lebih fleksibel dalam pengeditan
JPEG: ukuran file kecil (sekitar 10Mb), lebih sulit ketika melalui proses pengeditan

  • Framing Grid

Di settingan ini biasanya gw memilih jenis “rule of thirds”… ada beberapa pilihan seperti golden ratio, crosshairs, dan square… gw pake “rule of thirds” karena paling mudah dipahami menurut gw… dimana nanti akan keluar grid berjumlah 9 kotak… tempatkan yang menjadi objek/titik fokus di perpotongan garis kotak-kotak tersebut agar terlihat lebih keren katanya… wkwkwk..

Untuk landscape, jangan lupa menempatkan garis horizon di garis horizontal nya… kan ada 2 garis horizontal tuh, ada yang diatas dan ada yang dibawah… nah katanya tuh itu tempat yang enak buat menempatkan garis horizon… tapi gw terkadang liat ada jg foto yang penempatan horizon nya berada di tengah foto, dan gw rasa bagus-bagus aja… personal preference aja sih menurut gw…. haha

  • Aspect Ratio

Pada kamera Lumia, tersedia pilihan aspect ratio 16:9 dan 4:3… dimana aspect ratio 16:9 mendapatkan 33,6MP, sedangkan aspect ratio 4:3 kebagian 38,2MP… silahkan pilih yang sesuai dengan selera anda…

  • Lumia Panorama

Pertimbangkan opsi untuk menggunakan aplikasi ini… dengan aplikasi ini, lo bisa ngambil gambar panorama… jadi lo bisa ngefoto banyak gambar dari kiri ke kanan, dan nanti akan digabungkan dengan aplikasi ini. hasilnya lo bisa mendapatkan foto yang tampak lebih luas, yang tidak mungkin ditangkap oleh lensa kamera dengan 1 kali foto.

Yak sekian bahasan gw kali ini menjawab pertanyaan yang meluncur ke blog gw….

 

Leave a Reply

