Lumia 1020 Photography ~ Star Trails ~ Tips and Trick (part. 8)

Star Trail 3-10-15

Wohoho… kali ini mau ngebahas mengenai salah satu eksperimen gw baru-baru ini…. yaitu Star Trails Photography…

Berbekal dengan membaca google,, gw baca beberapa orang yang sudah membuat foto ini dengan hape Lumia nya… Sebenernya sih lo mungkin bisa aja bikin foto jenis ini dengan hape high-end lainnya… Tapi disini berhubung judulnya Lumia 1020,, gw hanya men-sharing apa yang gw lakukan kemaren…

Beberapa hal yang mesti lo beri perhatian khusus adalah……

  1. Lo butuh tempat yang stabil buat narok hape lo… Tripod atau sandaran yang lainnya.. gak cuma hati yang butuh sandaran…!!šŸ˜€
  2. Usahakan jarang ada awan… Atau tidak mendung…
  3. Siapin cemilan danĀ tempat duduk… Penting!! haha…
  4. Memory hape lo yang masih lega…
  5. Aplikasi yang bisa timelapse… kalo gw pake ProShot…

Setelah beberapa hal tersebut sudah ada… barulah kita membahas teknisnya…

Cari tempat yang jauh dari lampu… jauh dari lampu disini maksudnya usahakan tidak ada seberkas cahaya yang masuk ke dalam frame… biasanya klo yang tinggal di perkotaan mesti putar otak gimana caranya… wkwkwk…

Dengan adanya cahaya yang masuk ke dalam frame, bisa mengaburkan kamera dalam mendeteksi cahaya bintang… jadinya bisa-bisa bintangnya kalah terang….

Untuk yang tinggal di kota, bisa ngakalin misalnya lo naik ke tempat tertinggi di sekitar lo… mungkin aja rumah lo 2 lantai?? lo bisa setting tempat disitu… kalo gw sih di atas mobil… wkwkwk…

Hal selanjutnya,, cek settingan kamera… shutter speed 4s… focus infinity… white balance tungsten (yang gambarnya lampu bundar… karena kalo tidak bundar, bukan lampu saya… *itu topi coeg*)… ISO variable….

Untuk settingan ISO sesuaikan dengan kondisi cahaya… lakukan beberapa tes pengambilan gambar dulu… udah pas atau belum ISO nya…. ketika gwĀ menggunakan ISO 400, hanya ada beberapa cahaya bintang yangĀ terlihat… yang paling terlihat pas gw melakukan eksperimen ini adalah cahaya bintang Aldebaran…

Ketika gw naikkin jadi ISO 800,, barulah gw rasa cukup banyak bintang yang terdeteksi layar hape gw… Gak usah khawatir sama noise,, karena pada hasil akhir nanti tidak akan memberikan noise yang signifikan…

Pengetesan pengambilan gambar ini juga untuk melihat berapa banyak kah bintang yang masuk ke frame kita… apakah sesuai yang kita inginkan… atau kah perlu digeser lagi kamera biar makin banyak bintang dalam foto kita… atau ingin mendapatkan komposisi yang pas,, itu terserah lo…

Setelah ISO dan posisi kamera sudah pas, barulah aktifkan pengambilan gambar dengan mode timelapse… kalo gw waktu itu setting 30 menit… dengan pengambilan gambar setiap 15 detik…

Setelah itu, saatnya kita ngemil dan duduk santai… sambil nungguin kamera kita selesai ngambil foto yang berjumlah 4×30= 120 foto… Oh iya,, gak perlu permasalahin megapixel.. dengan 5MP saja, sudah cukup…

Setelah pengambilan gambar,, transfer dah tuh gambar semuanya ke laptop…

Download program StarTrails atau StarStax ke laptop lo… pokoknya diĀ aplikasi ituĀ ada pilihan untuk membuat efek star trail dengan menggabungkan gambar tadi… tunggu aplikasi bekerja beberapa saat….

dan…. violaaaaa…. jadi deh Star Trails…. yeaaaahh…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s