Review e-KTP dan Paspor….

Udah lama mau ngasih postingan ini….. tapi gw lagi sibuk (sibuk tidur, makan, main ama anjing, dan nonton..haha)

Buat e-KTP dulu nih yang gw bahas….

Indonesia sudah menerapkan sistem e-KTP yang maksudnya sih… baik…. tapi pada pelaksanaannya… buruk… Mungkin masyarakat Indonesia belum semuanya mampu beradaptasi dengan perubahan…

Gw bikin e-KTP sehari sih… langsung rekam… tapi jadinya ntah kapan.. tidak ada yang tahu… terlalu banyak permasalahan yang disampaikan mereka ke gw.. sehingga gw gak percaya ama kinerja orang yang ngurus gituan…

Jadi setelah gw melakukan perekaman e-KTP, gw dikasih resi dan disuruh ngambil setelah 14 hari kerja… Oke lah klo begitu… trus besoknya selang 2 hari, gw nanya lagi kira-kira kapan jadinya soalnya gw butuh cepet biar ga repot ngurus-ngurus yang lain… tapi yg terjadi besoknya adalah mereka bilang servernya rusak… besoknya lagi, gw minta surat bukti perekaman e-KTP nya buat ngurus paspor gw… dan sekalian gw tanya lagi masalah e-KTP nya… dan mereka bilang tintanya gak ada… kira-kira sebulan diusahakan jadi katanya…

Hahahaha… cukup lucu dimana pelayanan publik seperti ini… bodo amat dah gw… mau jadi kapan tuh e-KTP… memang kinerja pelayanan publik masalah e-KTP tuh belum bisa dikatakan siap… tapi semoga kedepannya bisa diperbaiki…

Selanjutnya masalah perpanjangan paspor…

Pengalaman gw kali ini lebih baik daripada pembuatan e-KTP… karena bokap gw punya kenalan di kantor imigrasi Bogor… wkwkwk… itulah mengapa relasi itu penting…. proses sih tetep mengikuti prosedur… tapi gw gak perlu ngantri lama…

Untuk proses perpanjangan paspor kali ini, gw sendirian bolak-balik Depok-Bogor… soalnya ortu sibuk… jadi gw cuma disuruh ketemu temen bokap gw ini di kantor imigrasi… gw cuma nyerahin berkas dan uang pembuatan paspor trus langsung pulang… besoknya tinggal foto dan wawancara… jadi gak perlu repot ngisi formulir, surat pernyataan dan pergi ke BNI buat bayarnya…

Besoknya gw dapet nomor urut antrian foto di awal-awal… soalnya gw bilang klo gw bakal dateng jam 8 pagi ke temen bokap gw itu.. jadi semua sudah disiapkan sebelum jam 8… jadi gw cuma nunggu 10 menit buat giliran foto dan wawancara… dan paspor pun bisa diambil 3 hari lagi… selesai urusan paspor… jadi intinya bikin paspor dan e-KTP tuh lebih mudah bikin paspor… wkwkwk… bisa dikatakan lebih mudah mendapatkan identitas buat kabur ke luar negeri daripada tinggal di dalam negeri… haha

Leave a Reply

