Review stase IKM di Puskesmas….

Wkwkwk… judul yang agak aneh… di postingan kali ini gw mau sekedar cerita mengenai pengalaman gw selama 1 bulan menjalani stase IKM (Ilmu Kesehatan Masyarakat ~ *klo ga salah*)…. Kali ini gw kebagian mengikuti stase IKM di salah satu puskesmas yang terletak di Indonesia.. tidak usah disebut lokasi tepatnya, takut ada yg gak berkenan nantinya..haha

Sebelum pergi beraktivitas di sebuah tempat yang baru dan belum pernah gw kunjungi, terlebih dahulu gw memiliki kebiasaan cek lokasi.. nah 2 hari sebelum stase dimulai,, gw berniat lah untuk cek lokasi… tapi apa yang terjadi,,, ternyata jalan masih cukup macet soalnya bertepatan dengan arus balik lebaran 2015… ZONK banget gw… hahaha…

Tapi berhubung udah niat, maka masalah apapun akan dihadapi… yaaakk.. gw cukup bersabar dan cukup “bermain lebar” (nyetir mobil lewat pinggir-pinggir jalan yang belum diaspal) waktu itu… dan akhirnya sampe sekitar 1 1/2 jam-an.. yang seharusnya pada keadaan jalan normal bisa ditempuh 20 menit-an… dan dari perjalanan tersebut gw mendapati gambaran lokasi IKM tempat gw mendekam selama 1 bulan.. setelah itu, dengan bermodalkan HERE Maps, gw menempuh perjalanan balik melalui jalan-jalan yang tidak lazim dilalui para pemudik supaya gak kena imbas kemacetan… gw aja gak bisa mudik, masa kena macet juga.. kan kamvreeettt.. jiahahahaha

Selama satu bulan disana, gw bertugas jaga IGD, Rawat Inap, dan Poliklinik… tidak ada yang menarik di Rawat Inap dan Poliklinik… karena gw ngerasa seperti menjalani hari-hari gw biasa di rumah sakit aja….. pasien, anamnesis, foloap… membosankan…

Yang menarik adalah ketika kebagian jaga IGD… karena disitu, pasien yang dateng adalah pasien yang membutuhkan penanganan langsung… dan kita gak tau itu pasien kenapa… jadi ibarat seperti main tebak-tebakan aja bakal dapet pasien seperti apa… kalo di poliklinik paling pasien kebanyakan cuma batuk, pilek, panas, diare, dan kawan-kawannya…

Berhubung puskesmas tempat gw tugas berada di jalur Selatan,, maka seperti yang sudah saya duga sebelumnya,, banyak pasien dengan kasus kecelakaan lalu lintas… kan vangkeeeh vroooohh.. gw belum lewat stase bedah, dapet beginian… wkwkwk…

Yang paling teringat kasusnya di pikiran gw dan gak akan mungkin gw lupakan adalah,,, pada saat itu gw sedang merujuk pasien dengan asma bronkial malem-malem sekitar jam 1-an… dan apa yang terjadi?? supir dari ambulance yang gw naiki bertabrakan dengan motor yang berisi 2 orang…. alhasil, gw ngerujuk pasien, eh malah dapet 2 pasien baru… naas nasib gw waktu itu… padahal itu jalan lurus, tetep aja bisa kecelakaan… nasib emang gak ada yg tau…

Berhubung gw lagi membawa pasien, maka masyarakat sekitar yang kebetulan lokasi kejadiannya gak berada jauh dari puskesmas kemudian mempersilahkan gw beserta ambulance untuk melanjutkan perjalanan terlebih dahulu ke rumah sakit buat ngerujuk pasiennya..

Setelah gw ngerujuk pasien dan kembali ke puskesmas,, ternyata pasien korban kecelakaan tadi sudah dirujuk lagi ke rumah sakit.. untung puskesmas punya 2 ambulance.. sejak itu setiap gw ngerujuk pasien,, gw jadi takutan.. ntah kenapa bayang-bayang kejadian itu masih melekat di pikiran gw… kalo aja itu bukan motor, bisa ikutan kelar juga gw… untung masih selamat… dan ternyata mobil ambulance yang gw naiki itu sudah pernah mengalami kecelakaan juga sebelumnya.. berarti emang itu ambulance gak hoki.. mobil itu sendiri merupakan sumbangan dari Bank Jateng untuk pemkab Banyumas… padahal bagus.. mobil APV yang sudah dilengkapi power steering… sedangkan ambulance yang satu lagi yang merupakan ambulance bukan sumbangan, adalah mobil kijang kapsul yang sepertinya belum power steering… Mobil bagus bukan berarti selamat juga ternyata… wkwkwk

Kasus kecelakaan lainnya yang cukup menarik adalah seorang ibu yang sedang naik sepeda motor bebek ditabrak oleh anak SMP yang sedang naik sepeda motor Kawasaki Ninja berkecepatan tinggi, kejadiannya siang hari yang cerah…. dah bisa dibayangin donk apa yang terjadi ketika motor bebek ditabrak dengan Kawasaki Ninja??

Habislah itu ibu… dalam artian kena luka yang lebih parah… kaki kiri nya patah tulang tibia dan fibula (gw lupa kedua tulang itu bahasa awamnya apaan).. intinya tuh 2 tulang yang lokasinya ada di bawah lutut dan diatas pergelangan kaki ibu tersebut patah… so, ketika diangkat dari mobil polisi dan ingin dipindahkan ke tempat tidur IGD, butuh 4 orang yang ngangkut… 1 orang ngangkat badan dan kepala, 1 orang ngangkat tengah badang hingga pingul, 1 orang ngangkat kaki kanan, dan 1 orang ngangkat kaki kiri… soalnya itu kaki kiri klo gak dipengangin 2 tangan, bisa copot… bener udah kebuka tuh daging nya… gw aja liatnya ampe gak tega.. sedangkan sang tersangka cuma lecet karena jatoh dari motor… kan vangkeee…

Sampe di ruang IGD beserta polisi dan pelaku,,, langsung dilakukan penanganan untuk segera dirujuk… ketika gw ngeliat muka si pelaku yang masih anak SMP dan berseragam pramuka,, gw rasanya kesel pengen gampar… udah gak punya SIM, trus pake motor ngebut… cukup memancing emosi gw jg…

Saat ibu itu mendapat perawatan, ibu itu minta supaya mengabari anaknya yang masih SMP, kalo ibunya di Puskesmas dan gak bisa jemput dy pulang… ternyata ibu itu emang niatnya tadi mau jemput anaknya pulang dari kegiatan kemah pramuka di sekolahnya… ketika saya tanya, suaminya dimana.. ternyata suaminya sedang tugas di kota yang agak jauh lokasinya… akhirnya saya menyuruh orang untuk menghubungi ke sekolah anaknya dan memberi tahu keadaan ibunya… sementara informasi tersebut sudah sampe ke sekolahnya, lalu pihak sekolah langsung datang ke puskesmas untuk mengonfirmasi dan ibu tersebut langsung dirujuk ke rumah sakit… dan sebelum naik ambulance, pihak polisi juga mengatakan kalo mereka sudah mengabarkan suami ibu tersebut…

Gw ngerujuk ibu itu bareng temen gw… karena gw gak berani sendirian naik ambulance gara-gara peristiwa kecelakaan tempo hari… hahaha… dan gw milih duduk di belakang… soalnya kemaren pas kejadian kecelakaan ambulance itu, gw duduk di depan…

Perjalanan memakan waktu +/- 45 menit, karena jalanan padat dan ternyata banyak orang yang gak mau minggir padahal sirene udah kepasang… padahal, tiap ada rombongan moge lewat, orang-orang pada mau minggir… itulah kenapa gw bingung dengan orang Indonesia… soalnya pas gw ngerujuk pasien itu emang pas lagi rame rombongan moge lewat buat menghadiri acara yang itu tuh.. yang sempet rame dengan berita sepeda nyetop moge di Jogja…

Selama perjalanan, supir ambulance, gw dan teman gw mencoba untuk tetap menjaga keadaan ibunya agar terus tersadar dengan ngajak ngomong terus… mulai dari cerita panjang lebar kejadiannya sampe seluk beluk keluarganya… bukan gw bermaksud kepo, tapi ya supaya ibunya gak tidur aja sih…

Sampe di rumah sakit yang dituju,, suami si ibu ternyata nyampe duluan ke rumah sakit itu pake motor… lebih cepat pastinya… langsung lah isak tangis diantara mereka… selesei urusan administrasi dengan rumah sakit yang bersangkutan… gw langsung cabut… itu bener2 kasus kecelakaan terparah yang gw temui selama di puskesmas itu..

Memang pengendara motor di Indonesia tuh amburadul dan semrawut… untung itu kejadian motor ama motor.. kalo motor ama kendaran roda empat atau lebih, pasti yang disalahkan mobil roda empat nya.. Indonesia seringnya gitu sih.. padahal biasanya motor yang sliweran seenaknya…

Kejadian menarik lainnya selama gw IKM adalah ketika itu gw sedang bertugas sebagai tim P3K latihan paskibra untuk 17-an kecamatan… pas gw mau berangkat ke lapangan kecamatan,, gw disuruh naik motor lah… beuh,,, gw aja gak bisa naik motor.. disuruh naik motor, trus disuruh ngeboncengin pula… wkwkwkwk… suram… akhirnya gw ajak naik mobil juga tuh orang… daripada gak nyampe2 klo naik motor… wkwkwk…

Secara garis besar, selama menjalani stase IKM di Puskesmas,, gw merasa klo posisi gw sedikit lebih dihargai dibandingkan di rumah sakit… bukan bermaksud membanding-bandingkan… tapi emang gw dan teman-teman gw merasakan seperti itu… ketika pasien dateng ke IGD,, gw sering ditanya berbagai hal oleh perawat puskesmas… antara lain seperti, “ini kira-kira diagnosisnya apa ya dok?”, “ini mau dimasukkin injeksi apa aja ya?”, “rawat inap atau rawat jalan aja ya dok?”…

Gara-gara pertanyaan tersebut,, tiap ada pasien baru, selalu gw pelajari kasusnya dan penanganannya… karena apa?? karena gw malu klo gak tau apa-apa pas ditanya… apalagi pengobatan di IGD puskesmas itu pilihan obatnya hanya sekitar 30 obat… masa gw gak tau semua fungsi obat-obatannya.. kan tengsin gw… wkwkwk

Untung aja gw baru lewat stase Interna sebelumnya,, jadi masih ada yang nyantol di otak gw walaupun sedikit… hahahaha… tapi walaupun sedikit, sangat berguna waktu itu… apalagi pas puskesmas ngadain penyuluhan mengenai penyakit DM dan DBD…

Intinya stase IKM tuh stase dimana tidak hanya ilmu, tapi menguji kemampuan gw untuk bertindak dan berkomunikasi dengan masyarakat… seru sih sebenernya.. apalagi biasanya kalo ngerujuk pasien tuh kita dapet ‘uang rujuk’ sekitar 100rb-an dari rumah sakit rujukan… wkwkwk… dan enaknya lagi tuh pas gw jaga, biasanya gw dan para perawat yang jaga tuh nge-game buat melepas ngantuk… biasanya nyewa PS3 dan bermain PES sampe subuh… wkwkwk…

Tapi hal yang gak gw suka ya selama stase IKM tuh, dapet lokasinya gak di kota besar… jadi gak ada hiburan… jadi gak bisa nongkrong di mall gitu… hahaha… *ya iyalah*… trus gw jg ga suka stase IKM kali ini karena pas libur lebaran… gw jadi gak bisa pulang ke rumah… soalnya pembantu gw mudik,,,, jadi klo gw pulang ke Depok, gw sudah tau apa yang akan terjadi… hahahaha… trus walaupun gw bisa pulang ke Depok pun,, gw gak akan bisa nonton JKT48.. soalnya Theater libur… kan gak seru… gak ada hiburan juga gw di Depok klo gitu… LOL

Sekian pengalaman yang gw alami selama menjalani stase IKM… see you next post…

Stase yang gw jalani selanjutnya adalah bagian Forensik… semoga aman… hahaha

Leave a Reply

