Windows Phone

sundul gan…

udah sebulan lebih gak diupdate nih blog et causa gak ada hal yg menarik untuk di sharing… dan skrg nih mumpung ada topik bahasan,, saatnya di posting-kan…

beberapa hari yang lalu, gw ditawarin ganti hape ama ortu gw,,, jujur gw bingung mau milih hape apa… karena pada saat itu, gak ada sesuatu yang lagi booming teknologinya.. lagipula hape kesayangan XperiaPLAY gw masih bagus-bagus aja, gak ada kendala sama sekali kecuali RAM yg sering kepenuhan.. *maklum spek masih 512mb ~ dan itu pun belum dipotong buat OS*~~

setelah mikir dan searching selama +/- 1 minggu,, timbul lah pemikiran untuk mencoba Windows Phone.. haha.. gw gak tergoda dengan iPhone 6S soalnya menurut gw tuh nothing special… klo masalah gadget, gw cenderung nyari sesuatu yang ada fitur spesialnya, baru menimbang-nimbang harga… contohnya aja pas beli XperiaPLAY, walau tuh hape termasuk mahal pas peluncuran nya dengan spek segitu, tapi tetep gw mau punya karena gamepad nya.. wkwk.. dan untuk Windows Phone kali ini,, gw memilih Lumia 1020… sepertinya udah gak perlu gw jelasin lagi kenapa memilih hape ini.. nanti lah di postingan selanjutnya bakal gw jelasin… sekarang bahas OS nya dulu…

Kenapa gw pilih Windows Phone untuk tahun ini??
Windows Phone tuh klo menurut pengamatan gw sudah mulai berubah, khususnya setelah mereka meluncurkan Windows 8… dan terlebih lagi,, skrg mereka sudah dalam versi Windows 8.1… dimana secara tampilan berubah total.. mulai dengan hadirnya Action Center layaknya notification bar di Android, tampilan background layar yang mulai bisa dipasangi gambar, ada fitur Quiet hour, Word Flow layaknya Swipe keyboard di Android, fitur Project My Screen, Internet Explorer yang mengalami peningkatan performa dan fitur, serta fitur yang paling menarik dari Windows 8.1 yaitu Cortana personal assistant yang mengusung konsep seperti Siri di iOS. Selain fitur-fitur tersebut, alasan gw milih Windows Phone adalah secara pribadi sih mau nyoba semua jenis OS… gw udah pernah megang hape yang masih ada antena nya, Java, Symbian, dan Android… sekarang saatnya untuk mencoba Windows Phone..

Kekurangan Windows Phone??
Selama beberapa hari gw otak-atik nih hape,, gw blm menemukan kekurangan yang berarti dari OS Windows Phone yang mengganggu hidup keseharian gw… kecuali ketersediaan aplikasi yang belum beraneka ragam seperti si robot hijau.. tapi percaya atau tidak, menurut gw sih keterbatasan aplikasi ini ada baiknya juga.. karena jadi terlihat tidak banyak junk application di Windows Store nya.. Untuk game di Windows Phone sendiri, gw rasa ya masih jauuuhhhhhhhh lah ya dibanding Android.. tapi namanya juga Windows Phone, gw rasa hape ini tidak perlu banyak aplikasi game, karena pangsa pasar dari OS ini adalah untuk pebisnis atau eksmud seperti gw *plak*… dan oleh sebab itu, gw masih selalu membawa XperiaPLAY kemanapun gw pergi biar ada yang bisa dipermainkan *lah*…

Selain keterbatasan aplikasi, masih ada beberapa aplikasi yang terkenal seperti Instagram, BBM, dan Opera Mini yang status nya masih dalam Beta version… ya pokoknya selalu punya backup-an hape lain lah klo mau nyoba Windows Phone sekarang-sekarang ini… wkwk.. Yang perlu digarisbawahi adalah ketidaktersediaan aplikasi Youtube untuk Windows Phone.. karena Google sudah memblok akses dari aplikasi Youtube untuk Windows Phone.. ntah kenapa.. tapi menurut gw sih karena persaingan bisnis antara Android dan Windows Phone.. tapi semoga Google dengan baik hati akan memberikan akses lagi untuk Windows Phone user suatu saat nanti…. wkwkwk

Kelebihan Windows Phone???
Apa ya kelebihannya… menurut gw sih biasa aja… semua yang ada di Windows Phone, hampir semuanya dimiliki oleh OS hape lain yang setara di kelasnya… Tapi yang gw suka dari Windows Phone adalah kelancarannya.. gw gak tau apakah ini karena RAM gw yang kebetulan 2Gb, atau karena aplikasi di hape gw yang secara kebetulan juga gak banyak “sampahnya” *bloatware* yang terinstall di hape gw.. yang jelas, hape gw gak lag sama sekali.. klo gw baca2 di google, ada yang bilang klo multitasking Windows Phone tuh berbeda sistem nya dengan Android.. ada yang bilang klo sistem multitasking nya Windows Phone mirip iOS.. ntah bener atau nggak *karena gw belum pernah nyoba iOS*, yang jelas sih selama ini tuh lancar-lancar aja di hape gw… walaupun cuma Dual Core 1,5Ghz dengan GPU yang bisa dibilang bukan yang paling terbaru untuk saat ini.. kalo menurut analisa gw sih Windows itu mem-pending proses aplikasi yang berjalan di background, sehingga menghemat RAM.. kenapa gw bilang kaya gini?? karena setiap gw pindah aplikasi yang ada di background,, bakal ada tulisan “resuming”… tapi itu cuma pengamatan gw aja ya.. gak tau bener atau nggak..

Gw juga suka dengan tampilan layar Windows Phone yang simple… karena gw selalu suka yang simple… gak ribet dan aneh-aneh, tapi menarik untuk dilihat *eh*… tampilan untuk home screen nya berupa fitur yang mereka sebut dengan Live Tiles dan untuk menu utama aplikasi nya, berupa menu drag-down.. untuk Live Tiles itu sendiri memang hanya tampilan kotak-kotak sih, tapi terlihat berbeda dengan Android dan iOS, dan kotak-kotak itu bisa terlihat hidup dengan bergantinya tampilan dari masing-masing kotak..

Kelebihan yang sangat membantu yang gw rasakan dari hape ini adalah,, aplikasi Office nya… maklum lah kalangan eksmud seperti gw biasa bikin contekan di hape *loh*… mungkin karena keluaran Microsoft, jadi dikasih “sesuatu yang lebih” untuk Windows Phone.. lagi-lagi itu semua mungkin karena persaingan bisnis… wkwkwk..

Untuk fitur kamera, ada yang bilang klo ada sedikit peningkatan dengan fitur burst-mode nya… gw gak tau mengenai hal ini, karena hape gw tuh Lumia 1020 yang notabene beda klasifikasi untuk hal ini…🙂

Windows Phone juga katanya gak perlu antivirus,, dan proteksi nya lebih dari Android… tapi ini sih tergantung orang yang make nya juga… sampe sekarang Android gw masih aman-aman terkendali kok… yang gak gw suka dari Windows itu gak adanya fitur pattern-lock screen.. cuma ada password… jadi mesti ngapalin angka deh.. bukan pola…

Cortana???
Fitur yang paling gw sering andalkan adalah fitur Cortana.. dengan Cortana, gw ngerasa punya robot yang bisa diajak bicara dan gw suruh-suruh.. Kekurangan Cortana ini adalah kita harus memiliki internet dan mengaktifkan GPS location yang menurut gw akan sedikit membebani battery, khususnya untuk kasus hape Lumia 1020 gw yang “uni-body design” (battery gak bisa diganti dengan mudah)..

Cortana itu biasanya gw suruh buat aktifin alarm, mencari tahu tentang sesuatu disaat tangan gw kotor, suruh ngingetin gw kalo ada agenda yang harus gw lakukan seperti nelpon orang, harus pergi ke suatu tempat, dan ada acara tv yang gak mau gw lewatkan… disamping itu masih banyak yang bisa dilakukan Cortana… seperti nanya resep, nanya cuaca dan lain-lain…

Akhir kata……
Apapun OS nya, pada dasarnya sama aja… tergantung kita melihat apanya… tidak ada gading yang tak retak, tidak ada gadget yang tak rusak… gak ada gadget yang sempurna.. teknologi sekitar kita akan terus berkembang, karena manusia adalah makhluk yang tak akan pernah merasa puas.. selalu ingin lebih dan lebih… karena itulah teknologi terus memunculkan inovasi baru… *ini agak gak nyambung paragraf penutupnya*

Pokoknya intinya, semua OS itu punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.. tergantung user itu sendiri.. apakah fitur yang paling dibutuhkan sang pengguna untuk gadget yang notabene adalah teman setia yang menemani kemanapun kita pergi…

Jangan mempermasalahkan perbedaan OS diantara kita,, karena perbedaan itu ada untuk saling melengkapi… *eaaaa…*

udah lah ya… see you next post yang akan membahas hape Nokia Lumia 1020…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s