Xperia PLAY brick

oke.. gw mau sekedar sharing pengalaman gw dalam merusakkan hape gw.. hahah.. supaya pembaca gak mengulangi kebodohan yang sama seperti yang gw lakukan… bener2 “baka” dan “babo” banget gw waktu itu… *skrg gw mulai ngerti bahasa Korea gara2 sering nonton film Korea akhir2 ini setelah film Jepang yang bagus udah gw tonton semua.. LOL*

jadi gini kronologisnya…
saat senja datang gantikan siang, matahari mulai bersembunyi di ufuk barat, dan malam yang kelam pun mulai mendekat.. gw lagi asik ganti ROM Android gw di kamar.. dan hampir berakhir dengan tragis… wkwkwk

Gw kan pake stock ROM NTT DoCoMo Japan tuh di Xperia PLAY gw.. trus ada pemberitahuan ada update-an firmware baru.. dan dengan tanpa rasa bersalah,, gw klik itu update dan pilih install… gw lupa kalo hape udah dalam kondisi unlock bootloader… wkwkwk.. seinget gw kalo udah unlock bootloader, normalnya gak bisa pake fasilitas Sony OTA update lagi (tapi gw baca2 sih katanya ada cara nge-fix nya).. karena kalo udah unlock bootloader, Sony kayanya udah gak mau nolongin hape kita lagi… si Sony jahat banget!!… haha.. padahal Sony di sinetron Pashmina Aisha RCTI baik kok… #lah

oke.. setelah gw update tuh.. abis installation process,, hape gw langsung restart sendiri.. emang gitu prosedurnya klo OTA update.. tapi,, ternyata hape gw tak kunjung nyala setelah lebih dari 1 jam… wkwkwk.. langsung gw deg-degan dan panik.. hape gw satu2nya itu yang masih berfungsi normal… nanti kalo rusak,, mami dan papi gak bisa nelpon gw.. T_T.. haha..

walau deg-degan dicampur kepanikan dan dirundung rasa takut akan rusak,, gw gak mau nyerah.. Digimon aja gak pernah nyerah ngadaepin musuh2nya… masa gw nyerah… LOL…

gw langsung searching di mbah google… setelah beberapa jam mencari dan mencoba trik2 dari postingan orang di google,, masih gak bisa juga.. soalnya gw gak tau nama masalah yang gw hadapi ini apa.. soft-brick, hard-brick, atau gakjelas-brick… bener pusing gw… sampe batere gw copot, sim card gw copot, microSD gw copot secara satu-satu atau bersamaan.. masih gak nyala2 juga… *ya iyalah kan baterenya dicopot… wkwk*~~ coba re-flashing pun gak bisa.. gak kedetek hape nya di laptop gw..

pokoknya gitu deh ya,, gak nyala2 juga nih hape… gw sambil berdoa pas nyalain hape nya,, masih tetep gak nyala… tapi yang namanya takdir itu gak ada yang tau… ternyata emang udah takdir gw untuk masih bisa memainkan XperiaPLAY setelah menemukan yang namanya “FOTA Unbrick”.. hahah.. setelah gw coba… langsung nyala tuh hape…

jadi intinya kalo ada pembaca yang mengalami permasalahan pelik serupa,, dan mulai merasakan penat yang rancu oleh keputus asaan serta kehampaan,, cobalah teori FOTA Unbrick… gw gak tau apa mekanisme FOTA Unbrick ini, tapi yang jelas melalui teori inilah hape gw balik seperti semula… dan kita pun masih berteman sampai saat ini… (happy ending)

~End~

sekian postingan cacat dari saya.. haha

One thought on “Xperia PLAY brick”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s