SCANDAL band

gw udah pernah posting mengenai alasan gw suka J*T48,, skrg gw mau posting mengenai girlband satu ini.. ini beneran “girl-band”.. bukan girlband yg suka ngedance sambil pasang tampang unyu2 sambil lipsync.. *no offense*

Pertama kali gw suka sama Scandal waktu ga sengaja liat MV Harukaze di Animax Music.. lagu Harukaze ini kebetulan merupakan salah satu soundtrack anime Bleach.. lagunya keren, kombinasi vokal antara penyanyi utama dan lainnya bener2 membuat warna yg berbeda.. dan dari MV Harukaze ini, gw langsung kepincut sama drummer nya…

Yaaak.. drummer nya dan lagu Harukaze lah yang sudah membuat gw tertarik sama band ini… hahahaha… langsung deh gw cari tau ini band beneran jadi atau cuma asal jadi kaya band2 Indonesia yang bentar2 bakal bubar.. wkwkwk..

Oke.. setelah gw cari tau mengenai band ini, ternyata ini band yg cukup bisa diandalkan diliat dari segi backgroundnya.. Mereka berempat adalah Haruna Ono (vocal/guitar), Tomomi Ogawa (bass/vocal), Mami Sasazaki (guitar/vocal), Rina Suzuki (drum/vocal).. dan mereka berempat menyukai Takoyaki!! haha.. katanya Takoyaki Osaka sangatlah khas.. ya mereka adalah band asli dari Osaka.. kalo gak salah, rumah Haruna dan Mami searah kalo naik kereta.. dan Rina sama Tomomi juga searah.. ibarat naik KRL dari Depok, 2 orang ke arah Jakarta, 2 orang ke arah Bogor.. haha.. Setelah terkenal, mereka pindah ke Tokyo.. dimana Rina tinggal serumah dengan Haruna.. Rina yang paling terakhir pindah ke Tokyo soalnya masih sekolah pas yang lainnya udah lulus…

Gw agak kaget liat kombinasi semua personilnya.. soalnya semuanya ada tulisan “vocal”nya.. pertama kali gw agak menyangsikan klo itu cuma salah tulis.. ternyata gw yang salah duga.. mereka berempat emang nyanyi…!! wkwkwk… terlepas suara bagus atau enggak, yang jelas sampe sekarang ini gw blm pernah nonton mereka lipsync pas konser.. itu udah suatu nilai plus buat gw..

Anehnya lagi,, ternyata mereka itu gak bisa sama sekali main musik (kecuali Rina yang udah les piano lebih dari 10 tahun, sejak dy berumur 3 tahun).. gw jadi makin kagum sama mereka.. bener2 perjuangan banget dari nol… lagipula sebenernya mereka gak berniat bikin band ini untuk go public.. karena mereka sebenernya cuma bikin band untuk ngisi acara sekolah mereka.. yaitu Caless Vocal and Dance School Osaka.. gw ga tau apakah ini sekolah sama kaya di Indonesia gitu yg isinya belajar akademik, atau sekolah seperti tempat les dance dan vocal.. apapun itu, pokoknya gitu lah ya.. haha

Band ini pertama kali hanyalah 3 orang.. Haruna, Tomomi dan Mami.. Haruna selaku leader mungkin karena angkatan paling tua.. disini mereka bertiga cuma memainkan lagu-lagu akustikan.. mereka pun akhirnya mencari drummer untuk memberi range music yang lebih luas dibanding hanya main akustikan.. dapetlah si Rina yang merupakan adek kelas mereka di Caless..

Rina sempet share di blog pribadinya (sekarang udah gak pernah diupdate karena saat ini mereka harus selalu posting di blog resmi Scandal) kalo ternyata dia sangat kesulitan untuk bermain drum, karena gak punya dasar drummer sama sekali.. tapi karena dukungan personil yang lain, Rina terus berusaha untuk bisa main drum.. Gw sempet nonton di sebuah video dokumenter mereka, disitu Rina bilang kalo dy sempet bener2 putus asa dan ingin keluar dari band karena takut nyusahin yang lain untuk maju.. tapi Haruna bilang ke Rina, kalo sampe Rina keluar dari band maka Scandal gak akan pernah ada.. Salut deh sama sang leader!! hahaha.. oiya, kalo mau liat Rina main keyboard, itu ada pada lagu Kill The Virgin dan Shoujo M pas live..

Tomomi,, bass dan vokalis paling lucu… wkwkwk.. dy adalah orang yang paling terlihat seperti anak2 kelakuannya.. bahkan Rina pun sampe gak nyangka kalo dy itu kakak kelasnya di Caless… hahaha.. pertama kali Tomomi main gitar, dy juga gak punya dasar gitar sama sekali.. dy belajar dari nol sampe akhirnya dy menemukan alat musik yang namanya bass di sebuah toko saat dy sedang liat toko alat musik.. Tomomi merasa kalo bermain gitar sangat sulit untuk dy, dan ketika dy melihat bass tersebut, dy langsung beranggapan bermain bass akan lebih mudah karena cuma 4 senar.. wkwkwk… bener2 pemikiran orang awam dalam hal musik.. tapi keren!! klo dy gak pernah mikir kaya gini, mungkin gak ada yg main bass di band itu.. haha.. disamping main bass, gw suka Tomomi karena suaranya… suaranya lucu banget.. bener2 suara khas cewek Jepang.. karena suaranya ini, dy spesialis ngambil nada-nada tinggi di lagu Scandal.. karena emang menurut gw, suara Tomomi kurang cocok klo bawa lagu nada rendah.. haha.. Tomomi jadi vokalis utama di lagu Houkago 1H, Bitter Chocolate, dan Kill The Virgin.. dan Tomomi paling lucu tuh pas dapet bagian MC “Mawashite, Mawashite, Mawashite!” sebelum lagu Doll… haha.. pas konser di Indonesia bagian ini diganti jadi “Putar Putar Putar!” (dengan aksen huruf “r” yang cadel..wkwk.. makin gemes). Kalo mau liat permainan bass solo nya Tomomi ada di lagu Hi Hi Hi!..

Mami, gitaris dan vokalis yang hobi game.. kalo Scandal endorse lagu buat soundtrack game,, sepertinya orang inilah yang cocok dijadikan frontliner… haha.. Gw suka Mami karena orangnya kadang2 kocak ga jelas.. apalagi klo bercandaannya tuh dilanjutin sama Tomomi.. rame dah itu berdua.. wkwkwk.. Mami juga dijadikan vokalis utama di beberapa lagu Scandal seperti Koe (ini bukan lagu bahasa Jawa ya..), Ring Ring Ring, dan Shoujo M..

Haruna, vokalis utama sekaligus gitaris dan leader dari grup ini.. gw ngerasa kalo suara Haruna yg dulu agak berbeda dengan suara yg sekarang.. mungkin karena dy pernah bermasalah sama pita suaranya atau mungkin karena perubahan akibat umur yg semakin tua… haha.. tapi overall, gw suka sama performance mereka.. apalagi pas mereka perform di Countdown Japan pas acara tahun baruan 2013 kemaren.. Haruna suaranya lagi gak beres, dan memang pas dy ngomong suaranya bener2 serak.. tapi dy masih maksain perform… ya alhasil suara dy gak maksimal.. tetapi yang penting buat gw sih usaha dy sudah maksimal untuk fansnya.. Haruna dikenal personil lainnya sebagai pribadi yang paling pendiam diantara mereka.. mungkin karena udah tua kali ya.. wkwk..

di dokumenter NHK mengenai Scandal, ada bagian dimana Haruna ngebahas tentang rubrik di suatu majalah mengenai konseling percintaan gitu.. jadi ceritanya orang yang dibahas di majalah tuh suka sama cowok, dan dy bingung gimana cara deketinnya. Si cewek udah pernah nyoba komunikasi lewat email, tapi gak dibales-bales..
Mami: harusnya kirim email nya lagi..
Rina: tapi bisa jadi malah cowoknya jadi kesal dikirimin email terus-terusan
Haruna: si cewek berbeda kelas sama cowoknya, sehingga bahkan mereka tidak saling berinteraksi
Rina: *pasang muka sedih*
Mami: udahlah nyerah aja.. haha.. ntah lah..
Rina: si cewek harus jadi ketua kelas.. karena bisa aja mereka berinteraksi saat ada rapat antar ketua kelas
Haruna: lah.. mana ada yang tau si cowok mau jadi ketua kelas atau enggak!?? hahaha
Mami: baiklah,, kalo begitu… pas pulang sekolah, si cewek harus ajak cowoknya jalan pulang bareng terus
Rina: *kaget*… Mami berani ngomong gitu (jika dy mengalami kasus itu)!!??
Mami: Berani aja. Email nya kan gak dibales-bales, kalo gak bisa gitu ya nyerah aja lah..
Rina: eeeehhhhh…. tapi ceweknya kan suka banget sama cowoknya..
Mami: Ya kalo gitu bilang aja langsung ke cowoknya kalo dy suka.. karena gak ada satu orang pun yang benci kalo disukain sama orang lain
Haruna: tapi kayanya kalo cewek SMP ngomong gitu, bakal ngerasa malu untuk mengatakannya..
*dari percakapan mereka, gw suka sama pendapat Mami.. TO THE POINT dan NOTHING TO LOSE.. wkwkwk.. tapi klo pola pikir cewek pada umumnya ya kaya Rina dan Haruna.. LOL*~ sayang banget scene percakapannya di cut.. padahal gw pengen tau gimana pola pikir mereka nyelesein masalah kaya gitu.. terutama Rina.. soalnya gw liat dari beberapa video ngebahas percintaan, si Rina tuh banyak akalnya dan imajinasinya klo masalah percintaan.. hahaha~

Gw pernah liat video Scandal pas musim natalan.. si Rina ditanya mengenai kencan saat hari Natal yang berkesan tuh seperti apa.. Si Rina bilang kalo kencan saat Natal yang berkesan adalah ketika si cewek nunggu cowoknya di bawah pohon natal Tokyo Tower pas salju turun.. terus pas cowoknya dateng, si cowok meluk dari belakang dan memberikan hadiah Natal.. setelah itu ke restoran untuk makan malam berdua.. dan pas makan malam, cowoknya mempersiapkan surprise dengan lampu yang bertuliskan “Aishiteru” di gedung deket mereka makan malam.. dan setelah makan malam, si cowok berbisik di telinga ceweknya dan berkata “aku cinta kamu”, setelah itu mereka berciuman dan….. terimakasih untuk acara makan malamnya… mereka pulang.. haha ~~ tenang aja Rina.. bakal gw wujudin Natal impian lo.. *loh*.. *siapalah saya ini*~~… Haruna bilang klo Rina sebenernya sudah memikirkan hal ini sejak awal acara.. haha

Oiya, waktu gw cari tau tentang mereka,, dan secara gak sengaja gw menemukan MV Beauteen.. ternyata gw pernah liat MV Beauteen dan gw waktu itu pernah suka sama band ini, tapi gw saat itu gak tau itu band apa.. karena pas gw nonton MV nya tuh gak ada keterangan nama lagu dan band di bawahnya.. haha.. ternyata band yg dulu sempet gw suka itu namanya Scandal.. wkwkwk..

yang gw suka dari band ini yaitu.. perjuangan dari nol.. dan band ini terbentuk karena kebetulan.. coba aja mereka gak disuruh ngisi acara sekolahnya waktu itu, mungkin gw gak akan pernah liat band bernama Scandal yg personilnya cewek2 smua… haha..

by the way, nama Scandal itu adalah nama sebuah “adult shop”.. gw ga tau definisi “adult shop” itu jualan apaan.. yang jelas mereka blm pernah masuk ke toko itu.. haha.. Toko itu ada di gedung yang sama dengan tempat studio band tempat mereka latihan jaman dulu.. dan yang punya toko itu ternyata tau kalo nama tokonya digunakan buat nama band sama mereka, dan yang punya toko itu bilang, selama mereka menggunakannya untuk kebaikan maka tidak apa-apa.. haha..

ngomong masalah studio band, pas di interview sama MTV, Scandal bilang kalo mereka biasa latihan pas malam hari.. kenapa?? karena harga sewa studio band lebih murah pas malam hari.. mereka bilang, waktu dulu untuk bayar biaya sewa studio band tuh mereka menyisihkan uang dari uang jajan mereka sehari-hari dan dikumpulin jadi satu.. mereka gak mau ngebebanin orang tua mereka dengan biaya studio band.. bener-bener keren!! haha… setelah latihan, mereka pulang ke rumah masing-masing tuh pagi-pagi menggunakan kereta pertama yang beroperasi.. setelah itu mereka langsung ke sekolah.. jadi mereka bilang pas nyampe sekolah biasanya mereka tuh ngantuk kalo abis latihan.. ya iyalah ya.. wkwkwk.. tapi gw salut sama perjuangan mereka..

Rina bilang kalo di Caless tuh gak ada alat musik drum yang asli.. *waktu itu ditunjukkin fotonya, tapi gw lupa nama alatnya.. itu tuh yg alat simulasi buat main drum*.. jadi Rina seneng banget klo latihan di studio band, karena dy bilang rasanya berbeda ketika bermain alat musik drum yang beneran..

Haruna juga pernah bilang pas konser di Osaka Jo-Hall, dy mengenang masa lalu kalo dulu mereka mengalami kesulitan pas mau latihan.. mereka masih minjem-minjem alat.. terus Haruna juga cerita kejadian lucu pas mereka latihan waktu dulu.. ketika Rina gak sengaja stik drum nya terlempar pas latihan.. mereka langsung berhenti sejenak, biar Rina ambil stik nya dulu.. karena Rina gak punya stik cadangan.. wkwkwk.. bener2 perjuangan dari nol..

Haruna juga sempet berpikir kalo gitar itu barang yang disposable (sekali pake, kalo rusak langsung buang) ketika string gitar nya rusak.. karena dy ga tau cara gantinya gimana.. haha.. mereka juga sering tidur berempat kalo kecapean abis latihan.. dan yang tidur paling ngaco tuh si Tomomi menurut si Mami.. LOL.. Rina bilang kalo dulu sebenernya mereka gak pake nama Scandal kalo perform di acara2… mereka pake nama Nurse Jhogakuin.. dan Rina ngomong pas konser di Osaka Jo-Hall, kalo dy gak bisa bayangin debut pake kostum “nurse” gitu… Nurse Jhogakuin juga nama toko di gedung tempat studio band mereka biasa latihan.. wkwkwk.. dan dalam sebuah acara, mereka ganti nama jadi Scandal dan nyanyiin lagu Scandal no Theme untuk menandakan mereka sudah resmi ganti nama.. Mereka juga sempet mengenang masa ketika mereka sering perform di jalan.. di Shiroten deket Osaka Jo-Hall.. mereka pernah perform tanpa ada yang nonton.. orang cuma lewat di depan mereka lalu-lalang, tapi ga ada yg bener2 nonton mereka.. Mereka dulu punya impian untuk tampil di dalam Osaka Jo-Hall, bukan hanya di jalanan deket Osaka Jo-Hall.. dan ternyata mimpi itu jadi kenyataan.. keren!!

Gw sempet liat video di youtube pas mereka perform di jalan, mereka bawain lagu orang lain kayanya.. gw lupa judul lagunya apa.. disitu mic nya Tomomi aja sampe jatoh.. karena gagang mic nya gak beres.. ga tau tuh minjem darimana.. haha… Pokoknya banyak deh yang gw suka dari band ini.. lagunya juga gak hanya galau-galauan.. ada yg bikin semangat juga… pokoknya menurut gw, ini adalah Best Girl-Band.. band ini bener-bener hasil dari sebuah perjuangan dari nol..

Sukyandaru~~ nya nya nya nya nyaaaaaahhh…~~!!!

lagu rekomendasi gw dari band ini (diurutkan sesuai abjad.. mulai dari lagu lama sampe yang terbaru saat postingan ini diturunkan.. haha):::~~~

  • Awanai Tsumori no Genki De Ne
  • Bitter Chocolate
  • Burn
  • Departure
  • Doll
  • Harukaze
  • Houkago 1H
  • Kill The Virgin
  • Koe
  • Koshi Tantan
  • Love Survive
  • Namida no Regret
  • One Piece
  • Overdrive
  • Playboy
  • Rainy
  • Right Here
  • Runners High
  • Scandal Baby
  • Welcome Home
  • Sayonara My Friend
  • Satisfaction
  • Shunkan Sentimental
  • Switch

Untuk MV, gw menyarankan,, harus liat MV CUTE!!! hahahaha.. mereka disitu jadi cakep semua.. LOL..

2 thoughts on “SCANDAL band”

  1. awal2 terbentuk dulu pas taun 2007an mereka sering “mangkal” di osaka castle park yg letaknya deket ama jo hall..biasanya mereka maen pas weekend
    tp 6 tahun kemudian mereka bisa konser tunggal di jo hall
    gw ngeliat fan cam yg taun 2007 ngerasa kasian, pas nyanyi space ranger belum ada setengah lagu dah berenti krn gitar mami ga bunyi
    gw bener2 salut ama mereka

  2. Tulisannya kereennn😀

    sama banget, aku jg pertamanya gak sengaja cari-cari lagu band jepang cewek, pas dapet lagu scandal harukaze yang langsung bikin penasaran sama itu band
    ternyata keren banget, paling suka sama Haruna :-* tapi dia orang.a entah pendiam apa serius bgt, banyak diem >_<

Leave a Reply

