secarik kertas coretan pilot simulator…

*bingung mikir judul*
*padahal isinya ga penting*

oke.. mau cerita tentang flight simulator lagi.. beberapa hari yang lalu, semenjak gw naik pangkat jadi Captain,, gw memberanikan diri buat terbang ke Eropa.. kenapa gw dulu ga berani terbang ke Eropa?? terbang ke Eropa itu cukup rumit gw rasa.. pertama, banyak orang yang terbang di sekitar Eropa, dan banyak ATC yang tersebar dan jaraknya berdekatan.. beda sama di Indonesia.. jadi kalo mau contact ATC, bingung yg mana yang mesti di contact.. haha

Penerbangan gw ke Eropa yaitu ke Amsterdam Schiphol Airport dan berakhir dengan mengenaskan.. wkwkwk.. -357ft/min bro.. lumayan keras itu.. kenapa?? ternyata gw kurang persiapan untuk menghadapi Airport tersibuk di negeri kincir angin ini.. kesalahan pertama adalah gw ga baca Jeppesen Chart Schiphol sampe detail, dan kedua adalah gw pusing milih runway dan STAR nya..

Kesalahan paling fatal adalah kesalahan pertama gw..
Gw ga terlalu memperhatikan tulisan “ILS DME reads zero at rwy 36R threshold. When established on ILS maintain 160 KT until D4.0 ABA or as directed
Jadiiiiiii….. gw kan langsung set loc dan approach push tuh,, dan gw melakukan prosedur approach biasa.. ternyata itu terjadi kesalahan offset heading dari runway yang gw pake.. jadi pada Navigational Display, localizer ABA itu terbaca pada 0 derajat.. padahal runway course nya itu 3 derajat.. jadi harusnya pas final base, gw perhitungkan itu jauh-jauh sebelumnya.. dan wow!! anginnya pada saat itu adalah 19knot gust 28knot direction 330.. dan gw ambil runway 36R yang pada saat itu kosong.. soalnya runway lain udah di booking sama yang lain.. haha.. dalam keadaan angin yang lumayan bikin bete ini,, kesalahan heading bisa jadi berpengaruh banyak.. apalagi wind-gust yang artinya itu angin ga relatif stabil kecepatannya.. pas udah minimum callout,, A330 yang gw pake masih ga lurus sama runway,, berhubung tuh lagi rame bandara,, gw paksakan landing, walaupun sebenernya gw harus Go Around.. dan alhasil terbitlah angka -357ft/min itu… hahaha.. dan gw landing persis di pinggir runway.. hahaha.. left main gear gw kayanya nyentuh rumput… wkwkwk..

oke itu pengalaman pahit pada penerbangan pertama gw ke Eropa.. tapi ga apa2.. namanya juga pengalaman..

tapi melalui penerbangan gw ke Eropa ini,, gw jadi tau kebiasaan dan skill orang Eropa pas terbang.. memang sih ga semuanya kayanya orang Eropa, seperti gw yang kebetulan ambil schedule flight ke Eropa..

Jadi ini kesimpulan yang gw dapatkan:

  • Pilot yang terbang di Eropa tuh kebanyakan udah pro… maksudnya disini bukan dari skillnya, tapi cara mereka komunikasi, dan bertingkah laku tuh udah pro.. Di Indonesia, gw masih sering terlibat rebutan runway dan pilot ga tau diri.. sedangkan di Eropa, mereka tuh sabar.. klo di depannya ada aircraft lain,, yang di belakang tuh bisa memposisikan diri supaya ga mendahului dan rebutan runway..
  • ATC Eropa itu super sibuk.. biasa klo di Indonesia,, gw langsung di contact sama ATC dengan maksud meminta klarifikasi clearance atau mau ngapain.. sedangkan klo di Eropa, tepatnya di Schiphol yang gw alami,, ATC tuh ga mau tau sama kita.. jadi pada saat gw udah takeoff, Schiphol Tower malah baru contact gw.. dan dy bilang katanya terlalu banyak traffic, jadi gw lah yang harus sadar keberadaan dy.. azzz.. wkwkwk.. ya gw minta maaf aja langsung.. ga enak klo debat ama orang luar.. gw ga ngerti balesnya.. hahaha.. dan dy pun juga langsung merendah, yang tadinya dy nulis pake capslock semua tuh ke gw *tanda marah*,, langsung bilang “okay, no problem.. safe flight.. till next time capt”..

Ya itulah sekilas mengenai First Flight gw ke Eropa.. walau menyesakkan, tapi gw jadi tau banyak hal.. lain kali mungkin gw akan terbang ke Amsterdam lagi.. haha.. bosen coy.. lama bangeeeeeettt penerbangannya…. wkwkwk

Leave a Reply

