Tips bermain Flight Simulator X (Online)

Hari ini kebetulan saya lagi pengen nulis blog.. dan saya memilih untuk berbagi tips mengenai terbang secara online di game Flight Simulator X, sebenernya mau pake Flight Simulator tipe berapa pun, atau menggunakan program lain seperti Xplane,, saya kira tidak ada bedanya… haha.. mau main di server IVAO atau Vatsim pun, tidak terlalu berbeda jauh saya rasa.. Soalnya jujur saja, pertama kali saya ingin terbang online, saya agak takut soalnya masih ga tau sama sekali tatacaranya gimana.. takut diomelin sama player lain… hahah

oke langsung aja ke topik… poin2 penting ketika terbang online adalah sebagai berikut:

  • Selalu laporkan apa intensi anda

Maksudnya disini adalah setiap mau melakukan sesuatu, laporkan!! misalnya jika ingin descending atau climbing atau apapun.. ada satu pengalaman saya yang gak mengenakkan mengenai ini, waktu itu saya ingin meminta clearance IFR ke ATC Soekarno-Hatta.. dan ATC bilang “standby”.. saya pikir cuma sebentar.. ternyata sampai setengah jam, saya belum dikasih clearance.. orang2 di bandara juga udah kesel ama dy, ada yang langsung take-off, langsung taxi, dan lain2.. yang kasian itu orang yang sudah menyalakan mesinnya,, itu kan buang2 bensin.. dan biasanya orang males untuk balik ke menu dan ngisi bensin lagi, apalagi kalo orang ini pake add-on FSPassenger yang gak mungkin untuk ngisi bensin ketika udah jalan… oleh karena itu,, usahakanlah langsung meminta clearance begitu anda online.. untuk mengantisipasi orang2 ATC stress seperti ini..

  • Selalu ulangi apa yang diinstruksikan ATC

Maksudnya adalah jika kita bermain online dan sedang ada orang lain yang bertugas sebagai ATC, selalu ulangi apa yang ia perintahkan untuk memastikan dy kalo kita sudah menerima instruksi dy dan segera menjalankannya..

  • Jangan sungkan untuk meminta petunjuk lebih dari ATC

Ini berdasarkan pengalaman saya.. waktu itu pada saat saya descending, saya blm menerima STAR dan runway mana yang akan saya gunakan.. kalo keadaan kaya gini, kita harus tanya lagi, soalnya bisa jadi mereka lupa udah ngasih ke kita atau belum.. ada lagi kejadian lain,, yaitu suatu saat angin berubah, dan harus ganti runway.. kebetulan saya sudah dalam posisi akhir STAR, sehingga saya meminta instruksi heading ke ATC.. yak.. intinya jangan sungkan meminta petunjuk lebih dari ATC..

  • Beritahukan ATC poin penting saja

Berhubung kebanyakan orang terbang online menggunakan “text” dan “no voice”,, ada kalanya kita kesulitan kalo ngetik kebanyakan.. jadi usahakanlah kita memberitahukan poin2 pentingnya saja.. contohnya saja, saya lihat banyak yang menuliskan callsign di radio chat,, saya kira ini tidak perlu, karena ATC sudah bisa membaca siapa yang mengirimkan pesan tersebut.. lain halnya ketika anda berkomunikasi melalui suara..

  • Perhatikan player lain di sekitar

Jangan sampai anda rebutan taxing atau runway dengan player lain.. usahakan se-professional mungkin.. siapapun yang berangkat lebih dulu, tidak menjamin penerbangannya selamat.. hahahaha.. ada juga suatu ketika pas saya sedang bermain ternyata ada player yang “aneh”.. ini kejadiannya di Soekarno-Hatta waktu itu.. sedang lumayan rame.. METAR menunjukkan wind direction 240, 5knot.. sedangkan “player aneh” ini menggunakan runway 07.. bener2 membuat orang lain kebingungan,, semua yang sedang approach runway 25, minta konfirmasi posisi sama “player aneh” ini karena takut tabrakan di runway.. karena walaupun tidak akan ada korban jiwa, tapi ga lucu banget klo tabrakan.. ketika saya lihat jam terbangnya online baru 8 jam.. mungkin inilah yang menyebabkan dy jadi “aneh”.. seharusnya ikuti saja orang lain kebanyakan mengambil runway berapa jika kita memang bener2 gak ngerti baca METAR.. ada juga kasus dimana aircraft kita berdekatan dengan org lain ketika approach,, untuk menyiasati hal ini, lakukan setting pada kecepatan..

  • Transponder

Tau donk transponder?? tau kan peristiwa MH370 yang menghilang dari radar?? kalo ga tau cari di wikipedia.. haha.. banyak player yang biasanya lupa mengaktifkan ini.. transponder diaktifkan atau “mode C” atau “mode Charlie” ketika kita ingin memasuki runway.. dan dimatikan saat meninggalkan runway.. jadi klo kita mau line-up for takeoff, aktifkan!! Sedangkan kalo kita mau taxi to the gate, matikan!! saya pernah dimarahin gara2 gak tau mana yg mesti saya aktifkan.. soalnya transponder pas terbang online itu BERBEDA dengan transponder di dalam cockpit.. haha.. jadi walaupun di dalam cockpit udah posisi aktif, tetep posisi kita gak kebaca di radar kalo terbang online… hahaha…

 

Sekian poin penting yang bisa saya sampaikan jika ingin bermain online…

3 thoughts on “Tips bermain Flight Simulator X (Online)”

  1. Maaf mas…mau nanya….cara melihat dan membaca metar gimana y? Masalhnya saya sdh pernah diomelin sm player yg online pd saat it
    mohon jawabannya, terimakasih mas:)

    1. dari kotak dialog IVAP nya bisa… pilih ACARS > trus ketik kode ICAO bandara yang kita inginkan METAR nya > trus pilih Req METAR…

      atau bisa juga dengan ngetik langsung… format nya:

      .wx(spasi)kode ICAO bandara

Leave a Reply

