Overclocking XperiaPLAY

hmm…. mau sharing aja nih… baru-baru ini gw abis OverClocking (OC) XperiaPLAY.. dan ternyata berhasil… gw baru berani meng-OC kan hape gw karena berhubung garansi udah gak ada.. hahaha..

gw puas2in dah tuh main rubah-rubah frekuensi *anak kampung*… hahaha.. sekarang CPU nya gw set 1,2Ghz dari yang standardnya 1Ghz… sebenernya custom ROM yg gw pake bisa sampe 1,6Ghz, tapi pas gw coba ternyata boros batere.. jadi gw turunin deh…

Gw liat XperiaArc S (temennya XperiaPLAY pas di MWC2011 kalo ga salah)… ternyata tipe CPU nya hampir sama, walau beda dikit… XperiaArc S Qualcomm MSM8255T Snapdragon, sedangkan XperiaPLAY Qualcomm MSM8255 Snapdragon.. beda tulisan “T” nya.. pas gw searching di google sih ada yg bilang T=Turbo.. karena XperiaArc S CPU nya kan 1,4Ghz tuh.. jadi mungkin karena lebih cepat, makanya ditambahin huruf “T” di belakangnya.. LOL..

Dengan spesifikasi yang seperti itu, gw sempet set CPU clock 1,4Ghz.. 3 hari berlalu gw pake 1,4Ghz,, dan memang ga ada masalah OS freeze/ random reboot.. yang jelas batere lebih boros daripada sebelum gw OC.. dan terasa lebih hangat.. jadi klo kedinginan, tinggal mainin hape.. wkwkwk

Berhubung gw mau nyoba apakah ada beda antara OC 1,2Ghz dan 1,4Ghz,, gw turunin tuh CPU clock gw dari 1,4Ghz ke 1,2Ghz.. dan ternyata…. ga ada bedanya.. sama-sama lancar.. wkwkwk.. tapi gw merasakan batere lebih awet di frequency 1,2Ghz.. jadi sampe sekarang gw main di 1,2Ghz… dengan settingan Governor SmartAssV2 (katanya sih versi SmartAss tuh Governor yang lagi trend) dan I/O scheduler sio….

pas gw liat di youtube sih emang ada bedanya di framerate pas main game,, tapi masalahnya gw skrg udah bosen main game di XperiaPLAY gw.. hahaha… skrg XperiaPLAY gw udah jarang menunjukkan gamepad nya lagi.. wkwkwk.. soalnya game-game yang baru tuh gitu2 aja.. ga ada yg menunjukkan perbedaan signifikan.. malah baru-baru ini lagi musim Flappy Bird.. WTH!! masa jaman gini masih main game yg tampilan retro gitu sih?? hadeh… tapi mungkin game ini menarik karena tipe nya casual game.. jadi buat wasting-time sambil nunggu angkot atau pas ngantri bayar tagihan PLN atau kalo lagi ngeronda malam, bisa main game ini.. wkwkwk

oke balik ke topik,,, cara OC banyak kok di klo di search di Google.. tapi disini gw mau sharing apa yang gw lakukan sama XperiaPLAY gw…

Sebelumnya siapin dulu flashtool, install driver, kernel, dan fastboot nya.. klo bisa download fastboot yang udah ada Run Me.bat nya.. ntar gampang deh.. ciyuss! wkwkwk

1. XperiaPLAY nya gw Unlock Bootloader dulu.. gw ga tau apakah OC bisa dilakukan tanpa Unlock Bootloader.. tapi gw cari aman dah.. gw unlock bootloader dulu.. karena banyak orang yg unlock bootloader sebelum OC..
Cara Unlock Bootloader gampang kok.. tapi inget ya garansi langsung hilang.. wkwkwk..
tinggal kunjungi situs resmi Sony untuk unlock bootloader ikutin deh itu caranya.. klo ga ngerti bahasa inggris,, buka kamus dulu.. daripada salah.. wkwkwk ~~ sekedar cerita aja, pas masukkin nomor IMEI pas pertama kali,, gw ga bisa terus tuh.. ternyata jumlah nomornya kelebihan 1 nomor (padahal IMEI nya sesuai ama kartu garansi gw).. tapi pas gw hapus 1 nomor di belakang, akhirnya berhasil..
Setelah dapet tuh kode unlock bootloader nya,, matiin XperiaPLAY nya… masuk ke fastboot mode.. (tekan dan tahan tombol “search”, trus sambungin USB nya)..
Terus jalanin fastboot nya dengan pilih file Run Me.bat nya, ketik command

fastboot.exe(spasi)-i(spasi)0x0fce(spasi)oem(spasi)unlock(spasi)0x(nomor unlock bootloader hape anda)

contoh:
fastboot.exe -i 0x0fce oem unlock 0x48JKT484848JKT48

Banyak spasi nya nih.. hati-hati… Terus, nomor unlock bootloader mungkin berbeda tiap hape, karena pada saat minta kode unlock bootloader nya, kan kita diminta nomor IMEI nya..
Setelah proses selesei.. close fastbootnya, lanjut ke tahap selanjutnya…

2. Flashing stock firmware pke flashtool.. gw kebetulan flashing stock firmware R800i (XperiaPLAY) yang tipe R800i_4.0.2.A.0.62.ftf

3. Flashing Kernel.. untuk kernel ada banyak untuk XperiaPLAY.. yang banyak dipake orang tuh setau gw untuk XperiaPLAY adalah antara DoomKernel, Lupus Kernel, dan Turbo Kernel.. Gw pake Lupus Kernel karena pas gw liat DoomKernel statusnya udah “Stopped” jadi udah gak bakal ada update-an versi DoomKernel lagi…
Cara flashing kernel juga mudah… tinggal pake fastboot..
Matiin XperiaPLAY nya… tekan dan tahan tombol “search” nya.. sambungin USB nya, nanti lampu LED di atas akan berubah jadi biru.. nah berarti itu hape udah dalam fastboot mode..

Jalanin program fastboot nya (tampilannya kaya cmd_prompt gitu programnya),, ketik command

fastboot(spasi)flash(spasi)boot(spasi)(nama kernel yang akan digunakan).img

contoh:
fastboot flash boot LuPuS_zeus_Stock-gB+iCsv7-full.img

perlu diperhatikan penempatan tanda spasi dan pastikan kernel yang akan digunakan ditarok di folder yang sama dengan program fastboot nya.. trus jangan lupa file extension (.img) di akhir nama kernel nya.. jangan double ya file extensionnya.. misal LupusKernel.img.img ~~ itu kayanya ga bakal jadi… wkwkwk
setelah berhasil,,, ketik command

fastboot(spasi)reboot

contoh:
fastboot reboot

buat apa?? gw juga ga tau buat apa.. kayanya sih biar mutusin sambungan fastboot mode nya.. jadi biar aman pas mau cabut USB nya abis flashing kernel.. karena setelah memasukkan command di atas, lampu LED biru XperiaPLAY gw langsung hilang..

4. Langsung deh nyalain XperiaPLAY nya.. coba di cek di Setting>About Phone.. klo berhasil, pasti kernel nya udah berubah dari stock kernel…

5. Install aplikasi di Android untuk Root… seperti Superuser atau SuperSU atau apalah terserah.. wkwkwk..

6. Install aplikasi buat setting CPU clock frequency.. seperti Set CPU (kalo mau gratis, cari di XDA.. karena klo dari Google Play, harus bayar.. dengan catatan di XDA tuh apk nya masih yang versi lama), atau klo mau gampang install No Frills (gratis di Google Play), atau program apapun kesukaan anda… wkwkwk

6. Udah deh jalanin aplikasi yg buat overclock nya… dan lakukan overclock sebebas-bebasnya… tapi awas rusak klo terlalu di forsir device nya.. aplikasikan kebebasan yang bertangungjawab lah.. wkwkwk
dikutip dari XDA nih, postingan dari DoomLord (developernya DoomKernel):

  • see each cpu/chip is different
  • each is unique and has different tolerances
  • so dont directly jump to max frequency
  • slowly keep increasing the frequency
  • check its stability for 5-10 hrs
  • check for random reboots
  • check which one is best suitable for ur device
  • if u start getting reboots/OS freezes/device starts becoming too hot then throttle back and use lower frequencies
  • remember just because someone elses device was able to work at that frequency doesnt mean that ur phone can support/handle that frequency

Happy clocking!!! Do it with your own risk…

Leave a Reply

