Flight Simulator X

Postingan kali ini, gw mau ngebahas game Flight Simulator X atau yang biasa disingkat FSX… game yg sudah cukup lumayan lama di kalangan pencinta game flight-sim… Game ini adalah release-an terakhir untuk seri Flight Simulator nya Microsoft.. jadi kemungkinan ga ada Flight Simulator XI dst… tapi semoga aja Microsoft berubah pikiran untuk menggarap game ini lagi… *doa..haha*..

Apa sih bedanya FSX dengan FS9 (FS2004)…??
Bedanya terletak pada grafis nya.. FSX butuh kerja komputer yg lebih keras daripada FS9.. inilah sebabnya banyak orang yg masih main FS9.. karena grafisnya yg cukup ‘menyiksa’ komputer menengah ke bawah.. kalo masalah model permainan mah, gw rasa ga ada bedanya.. developer pesawat nya pun ga jauh beda.. itu lagi itu lagi.. hahaha..

Spek komputer FSX..??
wah klo masalah spek komputer FSX,, gw rasa tergantung settingan di dalam game itu sendiri.. tapi menurut kebanyakan orang, FSX lebih boros di processor dibanding RAM dan VGA… gw sendiri pun merasa demikian,, karena gw sampe sekarang pun gak merasa ada yg jelek di komputer gw walau hanya 1GB ATI Radeon VGA Card.. RAM gw pun hanya 6GB DDR2.. tapi processor gw kerja nya luar biasa… mentok mulu di 2.80Ghz, gw hanya menggunakan Intel Core i5.. jadi gw saranin sih klo mau lancar dengan grafis yg cukup memuaskan,, paling nggak pake processor sekelas Intel i7 Core ke atas.. atau sekalian di Overclock.. hahaha.. Tapi klo emang komputer masih taraf menengah, ya setting grafik nya jangan di max-in semua.. fps nya sekarat nanti.. klo gw sih setting di medium semua grafik nya.. kalo masih berat juga,, yaaa.. mungkin bisa mencoba FS9.. hehehe…

FSX sering bermasalah sama add-on third party tambahan..??
Coba di cek itu FSX Service Pack berapa.. secara official, skrg udah sampai Service Pack 2 (SP2).. jadi update dulu FSX nya, baru diliat ada perbedaan atau nggak..

Add-on yang bagus untuk FSX..?
Pengertian add-on untuk FSX udah pada tau lah ya.. program lain yang bisa ditambahkan ke program FSX, biar tampilannya berbeda… add-on FSX buaaaaaanyaaaaakkk banget…. developer nya pun beraneka ragam…. gw sebutkan yg mungkin diperlukan orang banyak:

1. Environment
Untuk bidang ini, banyak orang yg menggunakan Real Environment Xtreme (REX), ENB series, Shade, FTX Global, dll… REX sendiri ada berbagai versi, yaitu REX Essential dan REX Essential+ Overdrive.. yang bagus sih yang REX Essential+ Overdrive menurut gw.. Sesuai namanya, add-on ini akan mengubah tampilan Environment standar bawaan FSX..

2. AI Trrafic
Untuk bagian ini, orang banyak yg menggunakan Ultimate Traffic X, My Traffic X, My Traffic X Professional, My Traffic 2013 dan masih banyak yang lainnya… ini untuk mengatasi kesepian pada bandara… jadi nanti di bandara akan ada pesawat lain.. jadi ga kesepian deh di bandara dan pas terbang, biar pilot nya ga galau.. *eh*

Untuk yang sering main online, untuk add-on ini gw rasa gak perlu… karena bikin lo justru tambah bingung pas mainnya… soalnya nanti jadi ada yang pesawat “real” orang lain,, trus ada yang pesawat hanya AI saja…

3. Airport
Untuk bagian ini cari sendiri ya… banyak banget klo dibahas… ketik aja di google.. “FSX Airport scenery”… tinggal pilih deh mana yang bagus menurut kalian.. hehe..

4. Airport Ground Service
Untuk masalah ini biasanya orang banyak pake program Airport Enhancement Service (AES), atau GSX.. jadi biar di bandara bisa ada yg ngisi catering, bersih2, dan lain2… tapi ga semua bandara didukung sama program ini loh ya.. tapi klo GSX, katanya sih semua bandara didukung ama program ini, tapi kata orang2 ya kualitas GSX dibawah AES.. gw sih blm pernah nyoba GSX.. trus pas gw baca2 forum juga, katanya GSX dan AES bisa di pake secara bersamaan.. tapi ini tidak disarankan… karena ada orang yg mengalami gangguan di FSX nya ketika dimainkan pada saat GSX dan AES di pasang dua-duanya..

5. Aircraft
Ini juga banyak add-on nya.. tergantung pendapat masing-masing enakan yang mana.. semua ada kekurangan dan kelebihannya.. tapi klo untuk produk Boeing, gw saranin pake PMDG product.. puyeng dah lo liat tombol nya dan FMC nya… hahaha.. bener2 seperti real.. Kalo Airbus, banyak orang pake Wilco product.. tapi satu hal yg gak gw suka dari Wilco,, tampilan exterior pesawatnya terkesan murahan.. tampilan Airbus yang bagus menurut gw tuh CLS, tapi memang agak berat sih.. namun, Wilco unggul di masalah FMC.. jadi ada orang yang melakukan merging exterior CLS dan panel Wilco.. overall, developer add-on payware aircraft FSX yang banyak dibacarakan orang tuh PMDG, Wilco, CLS, Aerosoft, Overland.. tapi selain payware, banyak juga yg freeware.. rajin2 searching aja di Google…

6. Terrain Mesh
Untuk yang ini, sebenernya gak terlalu penting… tapi buat lo yang cukup “rempong” masalah tampilan,, hal ini bisa bikin nafsu liar lo untuk merasakan terbang layaknya real cukup terpuaskan… hahaha… Masalah terrain mesh sendiri gw rasa merupakan add-on paling bikin harddisk penuh… apa sih “terrain mesh” ini?? add-on ini membuat tampilan tanah lo seperti real… ibarat lekukan lembah, gunung, sawah, lautan, area perkotaan dan lain-lain menjadi lebih bagus… dalam artian para developer berusaha membuat terrain mesh seperti aslinya saat diliat dari udara… Buat yang gak mau pusing harddisk jadi sekarat, mending cari terrain mesh yang ringan aja… atau kalo dirasa gak perlu banget, mending gak usah pake… karena desas-desus nya add-on tipe ini juga cukup berpengaruh pada framerate… jadi fps bisa ngedrop sedikit…

Kok susah ya mainin FSX…??
Sebenernya ga ada yg susah kok yang namanya game komputer tuh… hanya harus lebih sering berlatih dan mencoba aja.. hahaha.. untuk FSX, gw sarankan paling nggak tuh lo harus punya joystick tambahan… eeiiitsss… jangan mikir joystick pesawat yg harganya ratusan ribu dulu… hanya dengan joystick yg bisa buat lo mainin PES juga bisa.. hahaha.. karena jujur aja, gw juga ribet klo mainin ini pake keyboard doank..

oke deh… sekian pembahasan gw kali ini… kalo ada yg mau ditanyakan,, gw berusaha jawab sebisa gw… haha..

pesan untuk postingan FSX gw kali ini: “Semua itu ga harus mahal, asal kita mau berpikir hemat” ~~ #ifyouknowwhatimean

5 thoughts on “Flight Simulator X”

  1. cari aja dalam bentuk torrent nya di piratebay gan.. trus ntar klo udah masuk ke piratebay, masukin keyword add-on apa yg mau dicari… di kaskus juga banyak kok..

  2. gan , saya pny masih i3 processornya , (3.30Ghz) ram 8GB , VGA nya cuman GT220 . nah itu gmn ya, kok masih lag si di airport tertentu yang size nya besar . Addon nya yang berat ..

Leave a Reply

