Android

wuzzzz… udah lama ga buka blog ini.. sampe lupa ama password dan username ane gan..

Di posting kali ini, saya akan mencoba menjelaskan apa sih Android itu..

Android itu merupakan Operating System yang lagi digandrungi para penyuka ‘oprek’ (orang yg ga ada kerjaannya, suka2 ngerubah system..haha *just kidding*). Kenapa sih Android itu begitu popular akhir2 ini?? Ada 1001 alasan *lebay*…

1. Android itu Open Source operating system.. Jadi sifatnya yg open source ini memungkinkan banyak org yg bisa ‘menimbulkan’ hal baru dari Android itu sendiri..  Bisa bikin aplikasi yg banyak macemnya, dan fitur yg beraneka ragam

2. Android itu murah.. Sudah pernah bandingin harga hape2 Android dengan Apple?? Ya.. tau sendiri lah perbedaannya.. hal ini bukan berarti kualitas nya ‘kacangan’.. harga murah Android itu disebabkan Google menyediakan nya secara gratis utk para pengembang.. Jadi klo beli device Android, kita tuh sebenernya bayar ke produsen device nya.. sedangkan Google paling cm dapet bagian dikit (atau bahkan ada yg menyebutkan klo Google cm dapet pemasukan dari iklan nya aja).. Tau AOSP kan?? Android Open Source Project.. jadi yang gw tau tuh klo Android ngasih “mentahan”nya ke produsen hape seperti Sony, Samsung, dan lain2… nah dari mentahan itu, nanti produsen hape lah yg akan merubah2 fitur dan segala macam sesuai dengan pasar konsumen mereka..

3. Android itu hampir sama kayak komputer.. Ya, iyalah.. dasarnya sama2 Linux.. Jadi berasa bawa komputer kemana2 klo punya device Android..

4. Android itu terus berkembang.. Ya, ini lah pernyataan yg paling disukai org2 kurang kerjaan yg saya sebutkan diatas.. udah tau kan versi Android yg dikeluarin Google?? (Android versi 1.0 – 1.5 Cupcake – 1.6 Donut – 2.0 Eclair – 2.2 Froyo – 2.3 Gingerbread – 3.0 Honeycomb – 4.0 Ice Cream Sandwich).. Nama2 nya bagus2 ya?? Ya.. Google memberikan Code Name pada Android keluaran nya dimulai dari versi Cupcake sesuai abjad dan berdasarkan nama cemilan org luar negeri..haha.. (Froyo=Frozen Yogurt)

5. Android sudah support Flash Player.. Inilah yang membuat Android spesial.. Jadi bisa mengalami sensasi browsing layaknya di komputer..

6. Android bisa dimodifikasi sesuai keinginan dan kemampuan device itu sendiri.. Merasa ga puas ketika beli handset Android?? Silahkan modifikasi sendiri.. Jadi kita bisa memaksimalkan apa yg dipunyai oleh device kita.. Mulai dari User Interface dan fitur, bisa kita ‘suntik’ sendiri.. Contohnya kaya fitur Bravia Engine, Beats Audio plugin, Clear Bass dan lain2..

7. Android itu klo rusak software nya bisa dibenerin sendiri… Udah tau kan istilah flash, root, firmware, kernel, baseband?? klo belum, ya silahkan di search pke Google.. udah banyak yg ngasih tau.. jadi ga usah dijelasin disini..

8. Android tuh selain device nya murah,, aplikasinya jg banyak gratisan nya (maklum ane org susah..haha)..

9. Android itu ‘memasyarakat’.. Bayangkan aja ada banyak produsen handphone yg pke Android antara lain Samsung, Sony, HTC, Huawei, LG, Motorola, dan produk lokal IMO.. Mulai dari handphone sampe tablet.. Klo boleh minjem kata2 Nokia (Hape sejuta umat..!!), klo Android mah “OS (Operating System) sejuta umat..”

10. Android lah yg bisa mematahkan dominasi BlackBerry.. Bahkan ada yang bilang, “ayo pake Android, selamatkan generasi muda dari BlackBerry”.. haha. Hal ini lah yg menyebabkan RIM (produsen BlackBerry) ngemis-ngemis ke developer apps Android utk minta dibuatin aplikasi dengan dihadiahi PlayBook secara gratis utk mereka yang sudah berhasil membuat aplikasi BlackBerry.. karena dengan semakin banyaknya aplikasi untuk sebuah platform, maka pengguna platform itu akan meningkat..

Ya itu lah sedikit dari banyaknya kelebihan Android yg bisa saya sampaikan.. utk tau lebih lanjut, manfaatkan Google ya.. haha..

Have fun ya dgn Android device kalian.. (rahasia: Apple tuh iri sama Android, walaupun orang yg bekerja dengan Android tuh katanya banyak bekas dari Apple, tapi Android lebih digemari.. makanya Apple tuh maunya ngerusuhin Android terus.. sebenernya itu smua salah Apple.. harga gadget kok mahal2.. gak open source lagi.. jadi Apple harusnya jangan marah2 ke Android.. pikir donk caranya untuk mengalahkan dominasi Android.. mungkin dengan menjual iPhone dengan harga 1 jutaan.. haha)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s